Beauty

Kamu Harus Tahu, Ini Manfaat Kacang Kedelai untuk Kecantikan

Selain membuat wajah awet muda, ternyata bermanfaat juga untuk menguatkan kuku.

Tinwarotul Fatonah | Kintan Sekarwangi

Kacang kedelai. (Unsplash/Rawpixel)
Kacang kedelai. (Unsplash/Rawpixel)

Dewiku.com - Kacang kedelai memang menjadi salah satu jenis kacang yang cukup jadi favorit karena manfaatnya. Selain kesehatan, ada beberapa manfaat kacang kedelai untuk kecantikan juga, lho.

Kacang jenis satu ini mempunyai kandungan protein yang baik. Ternyata makanan dan minuman yang mengandung kacang kedelai seperti susu, tahu, dan tempe, selain enak juga bisa membuat wajah menjadi awet muda.

Semakin penasaran dengan manfaat kacang kedelai untuk kecantikan? Cari tahu di bawah ini yuk!

1. Berperan sebagai anti aging

Seiring berjalannya waktu, estrogen dalam tubuh yang berguna untuk menjaga keelastisitasan kulit semakin berkurang. Sementara itu, fitoestrogen yang ada di dalam kedelao membantu memproduksi lebih banyak estrogen di dalam tubuh.

Jadi jika kamu sudah memiliki garis-garis halus, kerutan, atau noda hitam di wajah, maka sudah saatnya kamu mencoba perawatan dengan kacang kedelai. Tentuna kacang ini bisa menjadi agen anti aging yang sangat baik. Kamu bisa konsumsi susu kedelai alami atau gunakan sebagai masker.

Ilustrasi kulit mulus. (Pexels)
Ilustrasi wajah awet muda. (Pexels)

2. Membuat rambut menjadi sehat

Ternyata manfaat kacang kedelai untuk rambut memang signifikan. Caranya gampang banget, buat jus kacang kedelai lalu aplikasikan ke rambut sebagai masker.

Diamkan sekitar 15 menit, kemudian bias dengan air bersih. Lakukan secara teratur hingga 3 bulan, maka hasilnya akan maksimal. Rambut akan menjadi sehat, halus, dan berkilau.

3. Mengangkat sel kulit mati

Eksfoliasi kulit bisa dilakukan dengan menggunakan kacang kedelai. Caranya, kamu bisa menggunakan masker wajah berbahan dasar kacang kedelai.

Caranya tumbuk atau blender kacang kedelai dan campur dengan air, aplikasikan ke muka dijadikan sebagai masker. Kandungan vitamin E dalam kacang kedelai bisa membantu mengangakat sel kulit mati yang ada di wajah kamu.

Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)
Ilustrasi tangan wanita. (Unsplash/David Fanuel)

4. Memperkuat kuku

Salah satu manfaat kacang kedelai adalah membuat kuku menjadi kuat. Jadi perawatan kuku tak harus selalu ke salon. Kamu cukup dengan membuat jus kedelai untuk merendam kuku. Kedelai terbukti dapat menghaluskan kuku sekaligus mengobati infeksi jamur.

Berita Terkait

Berita Terkini