Apa Sih Radikal Bebas Itu?

Buat yang masih bingung, ini jawabnya.

By: Tinwarotul Fatonah icon Kamis, 20 Desember 2018 icon 09:15 WIB
Apa Sih Radikal Bebas Itu?

Ilustrasi membersihkan wajah. (Shutterstock)

Selama ini kita sering mendengar banyak produk skincare yang menyodorkan manfaat untuk melindungi kulit dari radikal bebas. Tapi sebenarnya kamu sudah tahu belum, apa sih radikal bebas itu?

Radikal bebas sendiri adalah molekul-molekul tidak stabil yang terbentuk dari kerja tubuh seperti bernapas, serta dari faktor eksternal lingkungan seperti sinar UV, asap, dan polusi.

Molekul pun terdiri dari beberapa atom yang diikat dengan rantai kimia. Ada tiga pembentuk atom, yakni proton, elektron, dan neutron.

Baca Juga: 5 Manfaat Antioksidan untuk Kulit yang Wajib Kamu Tahu

Proton bermuatan positif, elektron yang bermuatan negatif, dan neutron tak memiliki muatan listrik. Untuk membentuk atom 'normal', jumlah muatannya harus seimbang dan berpasangan. Nah, radikal bebas adalah jenis atom atau molekul yang memiliki jumlah elektron yang tidak seimbang.

Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)
Ilustrasi kulit wajah. (Shutterstock)

Saat radikal bebas 'mengambil' bagian dari atom kulit, akan terjadi reaksi berantai negatif pada permukaan kulit yang menyebabkan kerusakan pada sel yang sehat serta kolagen. Alhasil, sel kulit pun mengalami apa yang disebut oxidative stress atau kerusakan akibat radikal bebas.

Saat sel kulit serta kolagen mengalami kerusakan, dampak terbesar yang akan terjadi adalah penuaan dini. Sebab sel-sel kulit dan kolagen lah yang berperan penting dalam menjaga keremajaan dan elastisitas kulit.

Baca Juga: Ini Bahaya Terus Menatap Layar Ponsel, Bikin Cepat Tua!

Padahal tanpa kita sadar hampir setiap terpapar radikal bebas. Entah dari sinar matahari yang menembus melalui jendela, asap kendaraan maupun asap rokok.

Untuk memeranginya, kita bisa mengandalkan antioksidan. Antioksidan merupakan penangkal radikal bebas yang dapat diproduksi secara alami oleh tubuh. Antioksidan itu bisa didapatkan dari vitamin A, C, dan E serta beta karoten.

Baca Juga: Inilah Rahasia Perawatan Wajah Amanda Rawles

Namun paparan radikal bebas yang jauh lebih besar menyebabkan antioksidan alami ini tidak cukup untuk melawannya. Maka dari itu kamu bisa mengimbanginya dengan memakai skin care dengan kandungan vitamin E, lycopene, green tea, grapeseed, niacinamide, vitamin C, serta retinol.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI