Musim Dingin Bikin Kulit Kering, Ini Solusinya

Suhu udara yang dingin bakal menyerap kelembaban kulit.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 01 Januari 2019 icon 18:30 WIB
Musim Dingin Bikin Kulit Kering, Ini Solusinya

Pakai baju hangat di musim dingin. (Unsplash/Cory Bouthillette)

Musim dingin tidak bisa dibilang sepenuhnya baik bagi kulit. Suhu udara dingin akan menyerap kelembaban dari sel-sel kulit sehingga menyebabkan kulit kering, kasar, bahkan kadang menjadi retak dan bersisik. 

''Saat cuaca dingin, kulit Anda mencoba untuk menghemat panas dengan menyempitkan pembuluh darah, yang pada gilirannya mengeringkan lapisan luar kulit,'' terang dokter kulit dari New York, Debra Jaliman, M.D, dilansir dari Women's Health Mag.

Kulit bukan cuma akan terasa kering dan terlihat kusam, garis-garis halus pun berpotensi lebih menonjol. Meski begitu, jangan buru-buru panik. Berikut adalah beberapa cara mengatasi kulit kering saat musim dingin.

Baca Juga: Kombinasi Masker Minyak Zaitun untuk Kulit Kering, Sudah Coba?

1. Letakkan pelembab udara di dalam kamar

Terjaganya kelembaban udara di dalam ruangan lumayan membantu untuk mencegah kondisi yang menyebabkan kulit kering. Nyalakan pelembab udara saat tidur malam ketika kulit beregenerasi.

2. Tutupi kulit saat keluar di cuaca dingin

Baca Juga: Liburan Musim Dingin, Kamu Wajib Bawa 5 Benda Ini

Kenakan syal, topi, atau sarung tangan. Angin yang berpadu dengan suhu dingin bisa mengeringkan kulit dengan lebih cepat.

Hindari materi yang terbuat dari kain sutera dan kain sintetis, ya. Kedua bahan itu dapat membuat kulit gatal dan iritasi sehingga malah membuat kulit semakin kering.

Berbagai aksesori untuk membantu menghangatkan tubuh saat musim dingin. (Unsplash/Giulia Bertelli)
Berbagai aksesori untuk membantu menghangatkan tubuh saat musim dingin. (Unsplash/Giulia Bertelli)

3. Jangan mandi lama-lama dengan air panas

Air panas akan mengikis lapisan lemak di kulit. ''Jaga agar suhu air tetap hangat dan mandi jangan lebih dari lima menit,'' saran dermatologis Shari Marchbein, M.D. Selain itu jangan menggosok kulit setelah mandi dan segera oleskan pelembap.

4. Hindari penggunaan produk perawatan kulit berbahan keras

Obat jerawat dan serum anti-penuaan dengan bahan kuat seperti retinol dapat memiliki efek samping mengeringkan kulit. Sebaiknya, batasi dulu penggunaannya.

5. Gunakan pelembab yang dapat mengunci kelembapan

Pelembab yang dapat mengunci kelembapan misalnya yang berbahan shea butter. Kandungan shea butter akan memberi tambahan lapisan lipid yang mengencangkan sekaligus memberi kelembapan pada kulit. Bagi pemilik kulit sensitif, hindari pelembap yang beraroma karena bisa membuat kulit kering.

Ilustrasi body lotion. (Unsplash)
Ilustrasi body lotion. (Unsplash)

7. Ganti sabun wajah dengan formula berbasis lotion

Sabun wajah yang mengandung busa sering mengandung komponen surfaktan yang berefek mengeringkan dan dapat merusak lapisan pelindung kulit.

8. Rawat tangan dengan bahan-bahan seperti gliserin dan chamomile

Cara mengatasi kulit kering di musim dingin berikutnya adalah merawat tangan dengan bahan-bahan yang mengandung gliserin atau chamomile. Hal itu mengingat punggung tangan termasuk area kulit yang paling rentan terdampak suhu dingin. 

Gliserin adalah humektan yang menarik air dari udara ke lapisan luar kulit dan berfungsi sebagai lapisan pelindung yang membantu mencegah hilangnya kelembapan. Chamomile sangat bagus untuk kulit kering karena sifatnya yang anti-inflamasi.

 

Baca Juga: Tidak Harus Mengoleskan Losion setelah Mandi kok, Ini Alasannya

Sumber : Suara.com/Vania Rossa

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI