Beauty

Ini Kesalahan Saat Pakai Conditioner Rambut yang Perlu Kamu Tahu

Jangan sampai rambut jadi kusut karena kesalahan pemakaian conditioner.

Agung Pratnyawan | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi keramas. (Pixabay)
Ilustrasi keramas. (Pixabay)

Dewiku.com - Hampir semua wanita menginginkan rambut indah. Untuk mendapatkannya pasti membutuhkan perawatan rambut yang baik dan maksimal. Tak hanya dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari, merawat rambut juga dari proses membersihkan dan mengatur rambut.

Memang disarankan setelah menggunakan sampo, untuk mengaplikasikan conditioner agar rambut menjadi lebih lembut, mudah ditata, dan tidak kusut saat kering nanti.

Sampo mempunyai kandungan yang membuat kutikula rambut terbuka. Ketika kutikula rambut terbuka, sampo berfungsi membersihkan rambut dari sisa-sisa produk yang telah digunakan, debu, dan kotoran.

Ilustrasi keramas. (PIxabay)
Ilustrasi keramas. (Pixabay)

 

Namun, jika kutikula didiamkan terbuka hingga rambut kering, debu dan kotoran akan mudah masuk. Inilah yang menyebabkan rambut menjadi lebih mudah kusut atau gampang lepek.

Nah, di sini peran conditioner dibutuhkan. Conditioner berfungsi untuk menutup kutikula kembali dan menjaga batang rambut dari kotoran dan debu. Sehingga membuat rambut tidak mudah rusak dan tetap lembut.

Tapi, ada banyak orang yang mengeluh rambut tetap kering atau kusut meskipun sudah menggunakan conditioner. Jangan dulu salahkan produknya, bisa jadi karena caramu mengaplikasikannya keliru selama ini.

Saat conditioner diaplikasikan memang membutuhkan waktu sampai menyerap ke dalam batang rambut. Namun, banyak orang yang setelah memakainya langsung membilas dengan air.

Mandi setelah olahraga. (Unsplash)
Ilustrasi keramas. (Unsplash)

 

Padahal, conditioner membutuhkan waktu untuk menyerap ke dalam rambut selama 2-3 menit sebelum dibilas.

Conditioner memang akan melembutkan dan menjaga kesehatan rambut. Namun ternyata conditioner saja tidak cukup untuk menjaga rambutmu bebas dari kotoran, debu, dan hal lain yang bisa merusak rambut indahmu.

Selain conditioner, kamu juga perlu memakai masker rambut yang penting untuk perawatan rambut. Sebab masker rambut tak hanya menutup kutikula dan melindungi rambut, tetapi juga menutrisi.

Disarankan untuk menggunakan masker rambut dua minggu sekali untuk selalu menjaga kesehatan dan keindahannya.

Berita Terkait

Berita Terkini