Beauty

Bersihkan Wajah Pakai Kondisioner, Yakin Aman?

Meskipun ampuh, ternyata banyak efek negatifnya.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Membersihkan wajah. (Shutterstock)
Membersihkan wajah. (Shutterstock)

Dewiku.com - Dalam beberapa forum kecantikan, muncul banyak ide gila yang kadang nggak pernah kepikiran dengan akal sehat kita, seperti membersihkan wajah dengan kondisioner. Meski begitu, rupanya hal ini sudah jadi rahasia umum bagi para penggemar makeup.

Menurut mereka, kondisioner jauh lebih efektif ketimbang makeup remover lainnya. Dengan sekali usap, kotoran dan makeup bisa langsung terangkat dengan sempurna. Cara membersihkan makeup yang sangat praktis, bukan?

Sayangnya, hal ini cepat diserap mentah-mentah oleh anggota forum kecantikan dan menyebar dalam satu kedipan mata. Padahal mereka seharusnya mencari tahu dulu, apakah kandungan dalam kondsioner benar-benar aman digunakan untuk wajah?

Ilustrasi menghapus makeup. (Shutterstock)
Ilustrasi menghapus makeup. (Shutterstock)

Dirangkum dari Allure, ternyata penggunaan kondisioner tetap memiliki dampak negatif apabila digunakan secara langsung pada wajah. Meskipun bekerja dengan cepat untuk membersihkan makeup, sebaiknya kamu harus mempertimbangkan lagi hal negatifnya.

Kondisioner memiliki kandungan parfum yang cukup menyengat dan ini membahayakan kulit sensitif. Kandungannya akan langsung menimbulkan reaksi, baik itu iritasi atau kemerahan di kulit.

Ilustrasi cuci muka. (Pexels)
Ilustrasi cuci muka. (Pexels)

Selain itu, kondisioner diformulasikan khusus untuk karakteristik rambut yang cenderung berbeda dengan kulit wajah. Jika rambut memiliki memiliki lapisan keratin yang 'mati', maka wajah dilapisi oleh kulit yang 'hidup'.

Oleh karena itu, penggunaan kondisioner sebenarnya nggak direkomendasikan oleh para ahli. Jadi gimana, Girls? Apakah kamu masih bertahan pakai kondisoner untuk membersihkan makeup?

Berita Terkait

Berita Terkini