Selamat Ultah Susi Pudjiastuti, Ini Ucapan Menyentuh dari Sang Asisten

Selamat ulang tahun ibu Susi!

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Selasa, 15 Januari 2019 icon 11:55 WIB
Selamat Ultah Susi Pudjiastuti, Ini Ucapan Menyentuh dari Sang Asisten

Susi Pudjiastuti. (Instagram/@susipudjiastuti115)

Menapakkan jejak di tanggal 15 Januari 2019, ternyata ini merupakan hari ulang tahun ke-54 Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti.

Salah satu orang yang mengucapkan selamat ulang tahun adalah asisten pribadinya, Fika Fawzia, melalui akun jejaring sosial Instagram @ffawzia07.

Dalam ucapan tersebut, Fika Fawzia juga mengunggah foto dirinya dengan Susi Pudjiastuti. Posenya pun tak biasa. Mereka melakoni gerakan yoga assisted backbend.

Gerakan ini dalam yoga ternyata bukan cuma sebagai bagian dari peregangan, melainkan bisa melenturkan daerah punggung dan menyehatkan jantung.

Ucapan yang ditulis akun @ffawzia07 untuk Fika Fawzia terbilang menyentuh. Fika Fawzia mengibaratkan Susi Pudjiastuti sebagai pelaut tangguh yang diterjang ombak yang sangat kuat.

"Menurut pepatah kuno, ombak yang kuat akan menciptakan pelaut yang tangguh. Tidak ada pelaut yang lebih tangguh yang saya kenal selain Ibu @susipudjiastuti115," tulis akun @ffawzia07.

Kemudian, Fika Fawzia melanjutkan dengan mengucapkan selamat ulang tahun dengan rentetan doa untuk sosok srikandi Indonesia tersebut.

"Selamat ulang tahun, Ibu. Semoga Allah SWT selalu melindungi Ibu dan keluarga. Semoga Ibu diberikan kesehatan dan umur yang panjang, sebagaimana Ibu berusaha menjaga kesehatan laut dan lingkungan kita," tulis akun @ffawzia07.

Pose Menteri Susi Pudjiastuti dan Fika Fawzia.[Instagram/@fikawazia07]
Pose Menteri Susi Pudjiastuti dan Fika Fawzia.[Instagram/@fikawazia07]

 

Seperti dikutip dari Wikipedia, Susi Pudjiastuti lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965. Selain Menteri KKP, Susi Pudjiastuti juga dikenal sebagai pengusaha pemilik dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan dan PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat.

Hingga awal tahun 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan berbagai tipe seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter dan 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 185 pilot, dengan 175 di antaranya merupakan pilot asing.

Tahun 2012 Susi Air menerima pendapatan Rp300 miliar dan melayani 200 penerbangan perintis.

Saat ia menjabat sebagai Menteri KKP, ia dikenal akan kebijakannya yang tegas terhadap penangkapan ikan ilegal. Namanya bahkan dikaitkan dengan kata "tenggelamkan" yang mengacu kepada hukuman penenggelaman kapal-kapal asing ilegal di perairan Indonesia.

Upaya ini pada akhirnya membuahkan hasil; penelitian yang diterbitkan di jurnal Nature menunjukkan bahwa kebijakan agresif Susi terhadap penangkapan ikan ilegal telah mengurangi upaya tangkap sebesar 25 persen dan berpotensi menambah jumlah tangkapan sebesar 14 persen serta keuntungan sebesar 12 persen.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI