7 Nasihat Dermatologis sebelum Kamu Berusia 40 Tahun

Rawat kulit, mulai dari sekarang.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 23 Januari 2019 icon 18:00 WIB
7 Nasihat Dermatologis sebelum Kamu Berusia 40 Tahun

Ilsutrasi kulit cerah. (Shutterstock)

Dermatologi atau dokter kulit manapun akan mengatakan tidak akan kata terlambat untuk mulai merawat kulit. Namun semakin dini melakukan perawatan, hasilnya akan semakin bagus!

Dilansir dari Byrdie, berikut nasihat dermatologis sebelum kamu berusia 40 tahun. Mesti kamu terapkan mulai dari awal 20-an, nih!

1. Berkenalan dengan serum vitamin C

Baca Juga: Dokter Kulit Tak Rekomendasikan 7 Produk Kecantikan Ini, Apa Saja?

Dermatologis setuju bahwa antioksidan vitamin C adalah salah satu bahan paling penting untuk mulai digunakan pada usia 20-an dan 30-an. Hal itu membantu mencegah bintik-bintik gelap sebelum terjadi dan mendukung kolagen sebelum Anda kehilangannya.

2. Lakukan eksfoliasi dua atu tiga kali seminggu

Kulit dewasa menjadi lebih tebal, kusam dan pori-pori menjadi lebih jelas, itu membuat kulit mulai terlihat kusam dan teksturnya kasar. Pengelupasan kulit dua hingga tiga kali seminggu dapat membantu menyelesaikan atau setidaknya mencegah beberapa masalah ini.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Kulit Hanya dalam Waktu 4 Minggu, Penasaran?

Masker wajah. (Unsplash/Chris Knight)
Masker wajah. (Unsplash/Chris Knight)

3. Jadikan sunscreen sebagai pusat rutinitas

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengenakan SPF harian. Konsistensi adalah kuncinya. Kamu benar-benar harus menerapkan setidaknya SPF 30 setiap hari (dan idealnya sepanjang hari juga) untuk menjaga kulit bercahaya, awet muda dan aman dari efek buruk sinar UV.

4. Pakai pelembap

Sodium hyaluronate dan turunan dari hyaluronic acid adalah contoh bahan pelembap yang direkomendasikan semua dokter kulit, karena ia menciptakan kembali pelumasan asam hialuronat yang diproduksi kulit secara alami. Ini bagus untuk menghidrasi kulit yang kering dan menua serta mengurangi keriput dan terutama bermanfaat bagi area mata yang menua.

5. Memperhatikan kulit dari kepala hingga kaki

Mempunyai kulit yang terlihat lebih muda dari usia sebenarnya memang keren, tapi jauh lebih penting untuk memastikan kulit terlindung dari indikasi kanker. Sekaranglah saatnya untuk mendapatkan evaluasi dasar dari dokter kulit untuk memastikan tidak ada tanda-tanda awal perubahan kulit prakanker.

Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit kering. (Shutterstock)

6. Memasukkan retinol dalam rutinitas skincare

Seperti halnya vitamin C yang seharusnya ada di rutinitas pagi, retinol juga harus ada di malam hari. Dermatologi setuju bahwa usia 20-an adalah waktu yang tepat untuk mulai menggunakan retinol berkualitas tinggi di malam hari. Pada periode itu, turunan vitamin A bekerja secara preventif untuk melawan keriput dan meningkatkan produksi kolagen.

7. Rawat kulit pagi dan malam, meski itu hanya cuci muka

Baca Juga: 7 Tips Dasar Mengatasi jerawat dari Dokter Kulit

Membangun rutinitas sebelum pergi tidur dan ketika bangun tidur adalah kuncinya. Sesibuk apapun pastikan untuk mencuci muka di pagi dan malam hari. Sebab kulit wajah yang tidak dicuci berarti pori-pori akan tersumbat, menyebabkan warna kulit tidak rata, dan penuaan lebih cepat.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI