Menarik, Buku Ini Terangkan Sejarah Pangkas Rambut Nusantara

Seperti apa sejarah pangkas rambut nusantara?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 20 Februari 2019 icon 22:00 WIB
Menarik, Buku Ini Terangkan Sejarah Pangkas Rambut Nusantara

Ilustrasi potong rambut. (Pixabay)

Dua bersaudara, Oky Andries dan Fatsi Anzani merilis sebuah buku sejarah mengenai budaya pangkas rambut berjudul 'Peradaban Rambut Nusantara'. Sejarah pangkas rambut nusantara dibahas secara tuntas.

Keduanya mengaku telah menjelajah Nusantara dari Aceh hingga Papua dan menempuh jarak sejauh 8.000 kilometer dem mendokumentasikan sejarah pangkas rambut dalam buku setebal 259 halaman tersebut.

Lewat perjalanan itu, penulis buku sekaligus Director Chief Company, Fatsi Anzani mengatakan ia mencatat ada 4 etnis yang menjadi pelopor seni cukur rambut secara turun-temurun di Indonesia, yaitu suku Minang, Garut, Madura, dan Tionghoa. 

''Di buku ini kami mengungkap kunci keberhasilan mereka yang bertahan lintas generasi, berdampingan dengan barber muda yang mencoba bertahan di tengah kuatnya persaingan antar barber modern saat ini,'' ungkap Fatsi Anzani saat peluncuran buku di Perpustakaan Nasional, Senin (18/2/2019), seperti dikutip dari Suara.com.

Peluncuran buku 'Peradaban Rambut Nusantara'. (Suara.com/Risna Halidi)
Peluncuran buku 'Peradaban Rambut Nusantara'. (Suara.com/Risna Halidi)

Fatsi juga mengklaim 'Peradaban Rambut Nusantara' merupakan buku pertama dan satu-satunya yang mencatat sejarah panjang budaya cukur rambut Indonesia. 

''Buku ini merupakan langkah kecil Chief Company dalam memetakan perjalanan masa depan industri barbershop yang kami geluti saat ini. Kami berharap buku ini bisa menggambarkan kepada seluruh pelaku industri barber bukan hanya dari sisi bisnis tetapi nilai budaya dan tradisi pangkas rambut di Indonesia,'' tutur Oky Andries. (Risna Halidi)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI