Facial Wajah Berjerawat Bisa Bikin Infeksi? Ini Faktanya

Benarkah facial wajah saat berjerawat bukan pilihan aman?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 06 Maret 2019 icon 06:45 WIB
Facial Wajah Berjerawat Bisa Bikin Infeksi? Ini Faktanya

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Perawatan wajah dengan melakukan facial ada baiknya rutin dilakukan untuk membersihkan wajah secara menyeluruh. Namun, tidak sedikit perempuan yang bingung saat kondisi wajah berjerawat. Boleh atau tidak melakukan facial wajah? Pasalnya, ada yang bilang jerawat itu bisa menyebabkan infeksi. 

Ternyata dari kacamata medis, facial boleh saja dilakukan saat wajah sedang berjerawat. Hal yang tidak boleh dilakukan adalah proses ekstraksi pada jerawat yang sedang meradang.

Secara sederhana, ekstraksi jerawat atau memecah jerawat merupakan proses mengeluarkan cairan atau isi jerawat dengan alat khusus. Saat jerawat meradang, prosedur ini harus dihindari karena bisa mengakibatkan infeksi dan bopeng pada kulit wajah, seperti dilansir dari Hello Sehat.

Baca Juga: Martinez Beaute Rilis Produk Pencerah Kulit, Dijamin Aman

Facial memang diperbolehkan saat wajah sedang jerawatan, tapi tetap tergantung pada jenis dan seberapa banyak jerawat di wajahmu. Jika jerawat di wajah hanya satu-dua saja, facial boleh dilakukan dengan catatan,jangan melakukan ekstraksi pada jerawat yang tengah meradang.

Namun, jika jerawat yang dimiliki jenis papulopustulosa dan menyerang dalam jumlah banyak dan hampir semuanya meradang, maka kamu tidak disarankan untuk melakukan facial.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Ciri-ciri jerawat meradang yaitu kulit wajah yang memerah dan jerawat yang juga berwarna kemerahan, bahkan mengandung nanah. Jika sudah begitu, jangan lakukan facial hingga jerawat yang meradang sudah mulai membaik.

Baca Juga: Ketimbang Krim Wajah, Ivan Gunawan Lebih Pilih Pakai Ini

Seberapa sering facial boleh dilakukan untuk kulit berjerawat?

Sebenarnya, tidak ada batasan pasti mengenai seberapa sering facial boleh dilakukan. Hanya saja, facial sebaiknya tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam sebulan.

Masalahnya, jika dilakukan terlalu sering, tindakan ini tidak justru tidak memiliki manfaat untuk wajah. Sebaliknya, facial justru bisa melukai dan membuat pori-pori wajah semakin membesar.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Secara alami, kulit membutuhkan waktu untuk beregenerasi selama 14 sampai 28 hari. Jadi kalau ingin membantu mengangkat sel kulit mati dengan facial, sebaiknya lakukan setiap 4 minggu sekali.

Sebelum melakukan facial, kamu juga perlu memastikan kulit wajah dalam kondisi bebas dari infeksi kulit yang sedang aktif. Pastikan juga klinik kecantikan pilihanmu terpercaya. Facial yang dilakukan oleh sembarang orang dengan peralatan yang tidak steril justru akan menimbulkan masalah baru pada kulit wajah.

Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)
Ilustrasi jerawat. (Shutterstock)

Apakah facial wajah berjerawat bisa membersihkan kulit?

Jawabannya bisa iya, bisa juga tidak. Mengapa? Facial pada dasarnya hanya membantu membersihkan wajah lebih dalam dengan menghilangkan komedo dan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Sementara itu, penyebab jerawat sangatlah banyak dan bukan cuma dari komedo serta sel kulit mati saja.

Baca Juga: Atasi Jerawat dari Dalam, Konsumsi 5 Makanan Ini

Jadi jika penyebab wajah jerawat di wajah adalah faktor hormon dan hal lainnya, maka perawatan facial wajah berjerawat tidak terlalu membantu. Selain itu, efek facial juga hanya sementara dan perlu dilakukan secara berulang setiap kali dibutuhkan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI