Jangan Salah, Berikut Urutan Tepat Menggunakan Pelembap

Menggunakan pelembap juga tidak bisa asal oles saja.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 27 Maret 2019 icon 14:30 WIB
Jangan Salah, Berikut Urutan Tepat Menggunakan Pelembap

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Penggunaan skincare sebagai rutinitas sehari-hari tak hanya dilakukan para perempuan, tapi juga lelaki. Skincare memiliki manfaat luar biasa, mulai dari memperbaiki permasalahan kulit hingga menjaga kulit tetap sehat terawat. Tahapannya pun mesti diperhatikan agar memberikan hasil maksimal, termasuk saat menggunakan pelembap

Salah satu skincare yang tak boleh terlewat dari rutinitas perawatan kulit adalah pelembap. Walau sudah sangat familiar, tapi tak sedikit dari kita yang bingung terhadap urutan penggunaan pelembap di antara deretan skincare lain.

Clinique Education Manager, Kresna Adhi Dharma menjelaskan, pelembap sebenarnya malah digunakan di urutan paling akhir setelah pemakaian skincare lainnya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Memakai Shea Butter Mulai Sekarang

''Pakai pelembab itu dari mulai membersihkan wajah, kalau pakai makeup, terlebih dulu pakai cleansing dan double cleansing. Begitu juga dengan pemakaian SPF, SPF tidak bisa dihapus dengan cuci muka biasa. Jadi pakai cleansing, baru pakai sabun wajah,'' ucap Kresna dalam peluncuran Moisturizer Custom Blend Hydrator Clinique ID di Jakarta, Selasa (26/3/2019), seperti dikutip dari Suara.com.

Setelah wajah bersih, bisa dilanjutkan dengan pemakaian toner untuk memaksimalkan pembersihan. Toner juga berguna untuk menyegarkan kulit wajah dan menyingkirkan sel kulit mati. Cukup teteskan toner 2-3 kali di telapak tangan, kemudian tepuk-tepukkan pada wajah hingga meresap. 

Baca Juga: Habis Berjemur? Ini Tips Penting dari Miss Grand Indonesia 2018

Selanjutnya adalah pemakaian serum untuk asupan nutrisi di kulit wajah. Biasanya, serum memiliki beragam kandungan bermanfaat, seperti antioksidan, vitamin dan lainnya. Fungsinya adalah mengurangi dan memperbaiki permasalahan kulit.

Ilustrasi wajah cantik dan sehat. (Unsplash/Kyle Loftus)
Ilustrasi wajah cantik dan sehat. (Unsplash/Kyle Loftus)

Terakhir, ditutup dengan menggunakan pelembap dan sunscreen yang berfungsi mempertahankan kelembapan kulit sepanjang hari dan melindungi kulit dari sengatan sinar matahari. 

Baca Juga: Martinez Beaute Rilis Produk Pencerah Kulit, Dijamin Aman

''Pelembap banyak juga fungsinya, yang bisa dipilih sesuai permasalahan kulit. Teksturnya juga berbeda. Seperti meminimalkan garis-garis halus kerutan, minyak berlebih, mencegah penuaan dini, menyamarkan noda hitam, dan masih banyak lagi,'' tutur dia. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI