Ingin Rambut Sehat? Bikin Sampo Sendiri Yuk!

Tertarik mencoba?

By: Vika Widiastuti icon Kamis, 28 Maret 2019 icon 11:30 WIB
Ingin Rambut Sehat? Bikin Sampo Sendiri Yuk!

Ilustrasi keramas saat mandi. (Shutterstock)

Mempunyai rambut yang sehat adalah impian semua orang. Salah satu cara merawatnya adalah dengan menggunakan sampo yang tepat. Nah, gimana kalau bikin sampo sendiri agar rambut terjaga kesehatannya?

Menggunakan beragam sampo yang bertujuan untuk mengatasi masalah tertentu atau memberikan hasil tertentu pada rambut. Namun, menemukan sampo yang cocok bukan perkara mudah.

Mungkin kita harus coba satu per satu sampo dulu sampai menemukan yang benar-benar cocok dan memberikan hasil yang diinginkan.

Perawatan rambut di salon. (Shutterstock)
Ilustrasi keramas. (Shutterstock)

Padahal, ketika kita mencoba satu per satu sampo tersebut, bisa jadi kita malah merusak rambut dengan kandungan bahan kimia yang ada di dalamnya.

Nah, daripada bingung-bingung mencari sampo yang cocok untuk membuat rambut menjadi lebih sehat, kamu bisa mencoba membuat sampo sendiri di rumah, lho.

Jika ingin mempunyai rambut yang melembapkan dari akarnya, kamu bisa memakai alpukat. Buah ini mengandung beragam vitamin, protein, dan asam amino yang bermanfaat untuk rambut yang lebih kuat dan sehat.

Ilustrasi keramas. (PIxabay)
Ilustrasi keramas. (PIxabay)

Caranya gampang banget. Pertama, campurkan satu buah alpukat dengan satu sendok makan baking soda, dan air secukupnya. Kemudian, haluskan dengan blender sampai berbentu pasta. Jika sudah siap, aplikasikan ke rambut seperti sampo biasa.

Nah, untuk sampo anti ketombe dan menumbuhkan rambut, kamu bisa memakai telur dan jeruk. Jeruk bisa mempelancar peredaran darah dan membuat rambut tumbuh lebih cepat. Selain itu, jeruk juga bisa mengatasi ketombe, lho.

Caranya, campurkan empat sendok makan air perasan keruk dan satu buah telur. Kemudian aduk sampai mengeluarkan busa halus. Aplikasikan ke rambut sambil pijat lembut kulit kepala.

Setelah selesai, bilas dengan air hangat sampai bersih. Itulah beberapa cara membuat sampo sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Selamat mencoba, Girls!

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI