Beauty

Jangan Khawatir Mengelupas, Ini Tips Membuat Kuteks Bertahan Lama di Kuku

Tertarik mencoba tips ini di rumah?

Vika Widiastuti | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi mempercantik kuku dengan nail art. (Pixabay/Jill Wellington)
Ilustrasi mempercantik kuku dengan nail art. (Pixabay/Jill Wellington)

Dewiku.com - Sebagian besar wanita memang hobi banget pakai kuteks untuk mempercantik kuku. Permasalahan utamanya adalah sering kali kuteks cepat mengelupas dari kuku. Nah kali ini ada beberapa tips membuat kuteks bertahan lama di kuku. Penasaran?

Perlu kamu tahu bahwa mempercantik kuku dengan kuteks tak harus selalu kamu lakukan di salon. Menggunakan peralatan sederhana pun, kamu bisa kok melakukannya sendiri di rumah.

Mulai sekarang kamu tak perlu khawatir soal ketahanan kuteks tersebut. Asal cara pengaplikasiannya tepat, pasti kuteks bisa bertahan lama seperti hasil dari salon.

Nah mulai sekarang coba kamu perhatikan tips membuat kuteks bertahan lama di kuku seperti di bawah ini.

1. Jangan rendam tangan di air

Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)

Biasanya kalau di salon, tangan dan kaki akan direndam dulu di dalam air hangat sebelum treatment manikur dan pedikur dimulai. Ini berguna membuat kutikula melembut dan mudah diatur.

Padahal, merendam tangan di air sebelum mengaplikasikan kuteks ini akan membuat kuteks sulit menempel. Disarankan untuk memakai cuticle softener jika ingin melembutkan kutikula.

2. Pakai alkohol secukupnya

Biasanya alkohol berguna untuk menghilangkan sisa-sisa kotoran dan minyak yang masih menempel di kuku. Disarankan memakai secukupnya saja jangan berlebihan. Jika sudah bersih, kuteks akan lebih menempel dengan sempurna.

3. Pakai base coat

Ilustrasi manicure kuku. (Unsplash/Kris Atomic)
Ilustrasi manicure kuku. (Unsplash/Kris Atomic)

Salah satu solusi untuk mempertahankan warna kuteks yang akan dipulas adalah jangan lupa untuk pakai base coat. Disarankan memakai terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan kuteksnya.

Jangan lupa untuk pakai warna muda agar tidak terlalu tampak jika ada bagian yang retak atau mengelupas.

4. Pakai dua lapis

Last but not least, tips membuat kuteks bertahan lama di kuku adalah pakai dua lapis. Hal ini akan lebih baik dibanding satu lapis yang tebal.

Lapisan kuteks yang tebal akan menciptakan gelembung yang tidak nyaman dilihat maupun jika tersentuh. Jadi disarankan untuk aplikasikan dulu selapis tipis keseluruh kuku.

Setelah selesai semua dan lapisan pertama sudah mengering, baru lapisi lagi untuk mengunci warnanya. Dengan cara ini, hasil cat kukumu bisa sama bagusnya dengan hasil dari salon.

Berita Terkait

Berita Terkini