Tidak Disarankan, Ini Bahaya Mengeringkan Rambut Pakai Handuk

Padahal banyak orang terbiasa mengeringkan rambut dengan cara ini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 24 April 2019 icon 14:00 WIB
Tidak Disarankan, Ini Bahaya Mengeringkan Rambut Pakai Handuk

Memakai handuk di kepala. (Pixabay/Fernando Zamora)

Soal mengeringkan rambut, banyak perempuan yang memilih menggunakan teknik alami seperti membungkus rambut dan menggosoknya dengan handuk. Kalau mau lebih cepat, bisa juga pakai alat pengering rambut seperti hair dryer atau catok.

Namun, tahukah kamu bahwa mengeringkan rambut pakai handuk ternyata tidak disarankan? Kebiasaan ini rupanya dapat membuat rambut menjadi rusak. Hal ini disampaikan dr. Gloria Novelita SpKK, Dokter Kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic.

Ia menerangkan, ikatan rambut saat basah cenderung terbuka. Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Saat ikatan rambut ini terbuka, korteks dan keratin tersebut menjadi terpapar dan mudah rusak.

Baca Juga: Suka Pakai Hair Dryer? Ini Kata Pakar biar Rambut Tak Cepat Rusak

''Sehingga disarankan dengan handuk dibiarkan saja hingga airnya menyerap. Tidak perlu ada gosokan,'' kata dr. Gloria dalam temu media di Jakarta, Senin (22/4/2019) kemarin, seperti dikutip dari Suara.com.

Jika kamu ingin menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, dr. Gloria menyarankan agar rambut dibungkus saja dengan handuk lembut. Hal tersebut akan membantu proses pengeringan sebanyak 50 persen.

Baca Juga: Pertanyaan Penting, Kapan Handuk Mandi Mesti Diganti?

''Semua tergantung rambutnya apakah tebal, tipis, panjang, pendek, ikal, atau lurus. Kalau ikal, biasanya lebih lama untuk keringnya,'' ujarnya.

Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)
Mengeringkan rambut dengan handuk. (Shutterstock)

Gloria juga mengingatkan agar segera menyisir rambut dalam kondisi setengah kering. Alasannya, rambut yang tidak disisir cenderung membentuk tampilan mekar saat kering nantinya.

Baca Juga: Solutif, Ada Sarung Bantal untuk Rambut Basah Setelah Keramas

''Kalau sudah setengah kering harus disisir, dirapikan, ketika kering jadi bagus. Sama seperti kita lakukan blow di salon, dengan sisir dibantu dikeringkan dan dibentuk, sehingga setelah proses, rambutnya tetap sesuai bentuk blow tersebut,'' tuturnya. (Suara.com/Firsta Nodia)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI