Duh, 2 Orang Dinyatakan Positif HIV setelah Jalani Vampire Facial

Positif HIV berani jalani vampire facial.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Minggu, 05 Mei 2019 icon 14:15 WIB
Duh, 2 Orang Dinyatakan Positif HIV setelah Jalani Vampire Facial

Ilustrasi vampire facial. (Shutterstock)

Perawatan wajah dengan metode vampire facial diyakini memiliki efek signifikan. Namun sayangnya, cara ini telah memakan korban. Pasalnya, ada dua orang didiagnosis positif HIV setelah menjalani vampire facial.

Melansir dari People, kedua korban menjalani vampire facial setahun lalu di sebuah klinik bernama VIP Spa wilayah Kota Albuquerque, New Mexico. Kini klinik itu telah ditutup.

Hasil penyelidikan menemukan dua orang yang dinyatakan positif HIV itu pernah menerima prosedur terkait suntikan dalam perawatan vampire facial di VIP Spa.

Baca Juga: Demi Perawatan Wajah, Barbie Kumalasari Habis Rp 200 Juta Setiap Bulan

Keduanya disuntik kembali dengan darah mereka lewat prosedur microneedling dengan rentan perawatan antara Mei-September 2018.

''Pihak laboratorium tengah memeriksa data dua orang klien yang diindikasi terinjeksi virus HIV dengan sumber yang sama. Mereka sebelumnya negatif dan baru teridentifikasi setelah melakukan perawatan di spa tersebut,'' ungkap pihak departemen kesehatan setempat.

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Perawatan wajah. (Shutterstock)

Sebagai gambaran, vampire facial dilakukan dengan terlebih dahulu mengambil darah dari pasien. Darah tersebut kemudian ditaruh dalam sebuah sentrifugal dan diputar dengan kecepatan tinggi hingga plasmanya terpisah.

Baca Juga: Terapkan Perawatan 10 Step ala Korea Selatan? Perhatian Hal Ini Juga

Plasma yang biasanya memiliki warna kekuningan ini kemudian disuntikkan ke wajah atau bagian tubuh lain. Selain penyuntikan plasma darah, ada juga praktek microneedling.

Ilustrasi tes darah. (Shutterstock)
Ilustrasi tes darah. (Shutterstock)

Kulit wajah biasanya bakal berdarah setelah menjalani microneedling. Meski metode ini diklaim bisa meremajakan kulit, menghilangkan jerawat serta bopeng, bukti ilmiah menunjukkan hal sebaliknya.

Baca Juga: Kebutuhan Semakin Meningkat, Pria Juga Butuh Klinik Ketampanan

Metode perawatan vampire facial malah memiliki risiko infeksi yang sangat berbahaya. Ia dapat menularkan penyakit berbahaya melalui darah, termasuk HIV dan hepatitis.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI