Beauty

Sering Malas Bersihkan Maskara, Mata Wanita Ini Jadi Mengerikan

Mulai sekarang jangan malas membersihkan maskara, ya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi maskara. (Pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi maskara. (Pixabay/Bru-nO)

Dewiku.com - Dengan alasan lelah, masih banyak wanita yang malas membersihkan makeup selepas beraktivitas seharian. Namun, sebaiknya jangan jadikan kebiasaan jika tak ingin bernasib sama seperti perempuan asal Australia ini. Dia jarang menghapus maskara selama bertahun-tahun.

Melansir dari NewsBuzzFeed, perempuan itu mulanya berobat untuk mencari tahu penyebab sering merasa ada sesuatu yang mengganjal di kedua matanya. Kepada dokter yang memeriksanya, dia mengaku selama 25 tahun jarang membersihkan maskara tebal secara tuntas.

Dokter yang merawat, dr. Dana Robei di New South Wales, Australia, menemukan bahwa maskara itu telah menumpuk di bagian dalam kelopak mata perempuan itu.

Sisa maskara membentuk tumpukan kasar berukuran kecil yang menempel di permukaan bawah kulit kelopak mata. Beberapa bahkan sampai menonjol ke luar dan menggesek bola mata pasien.

Kasus tersebut lalu ditulis dalam jurnal American Academy of Ophthalmology edisi Mei. "Penumpukan itu menempel di konjungtiva dan meresap lebih dalam ke lapisan subkonjungtiva, tapi Anda masih bisa melihatnya, sekilas mirip tato," kata dr. Rebecca Taylor, juru bicara klinis untuk AAO dan seorang dokter mata di Nashville.

Ilustrasi Maskara / Mascara [shutterstock]
Ilustrasi Maskara. (Shutterstock)

Konjungtiva adalah membran mukus yang menutupi mata dan bagian dalam kelopak mata. Fungsinya adalah menjaga kelembaban mata dan mencegah infeksi.

"Dia pada dasarnya punya sesuatu yang kasar yang mengganjal bagian bawah kelopak mata sehingga setiap menutup mata, hal itu menggesek bola matanya, terutama bagian kornea," ujar Taylor.

Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)
Pakai maskara. (Unsplash/Annie Spratt)

Kornea adalah lapisan permukaan mata yang tipis dan transparan. Jika tergesek, bisa menyebabkan kesakitan dan ketidaknyamanan. Lebih parahnya lagi, sisa maskara yang menumpuk itu dapat menimbulkan abrasi pada kornea mata dan berujung pada infeksi atau masalah penglihatan yang lebih serius.

Berita Terkait

Berita Terkini