Operasi Plastik Bikin Wajah Orang Korea Saling Mirip, Ini Penjelasan Tompi

Apa kata Tompi soal tren operasi plastik di Korea?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 16 Juli 2019 icon 21:00 WIB
Operasi Plastik Bikin Wajah Orang Korea Saling Mirip, Ini Penjelasan Tompi

Tompi. (Suara.com/Revi C Rantung)

Kalau Anda kerap memperhatikan beauty pageant Korea, model, atau artis yang berkecimpung di dunia hiburan Negeri Gingsing, coba perhatikan seksama, mengapa banyak yang mirip satu sama lain? Nah, Tompi punya jawaban dan penjelasan sederhananya.

Tak ada beauty pageant atau model Korea yang jelek. Tubuh semampai, anggun, tinggi langsing, kulit putih, hidung mancung, mata lebar, dan senyum menawan dengan gigi-gigi yang rapih terawat menjadi standar kecantikan yang sepertinya memang diberlakukan dalam operasi plastik atau prosedur bedah plastik di Korea.

Menjawab hal itu, dr Tompi membenarkan bahwa industri kecantikan atau bedah plastik di Korea ternyata sudah memiliki pemetaan wajah yang ingin digarap kepada pasiennya.

Baca Juga: Punya Payudara Sebesar Bola, Wanita Ini Ternyata Kecanduan Operasi Plastik

"Jadi, mereka tidak peduli dengan bentuk wajah pasiennya yang datang. Mau wajah seperti apapun itu, dokter di sana sudah punya topografi wajah. Jadi dipukul rata. Nah, hasilnya apa? Banyak yang mirip kan, orang-orang Korea?" ungkap Tompi saat ditemui Suara.com di pembukaan klinik MEN/O/LOGY by ZAP, Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Kamis (11/7/2019) pekan kemarin.

"Jadi mereka sudah punya ukuran cantik. Oh, jarak ukur antarmata yang cantik itu berapa, lebar bola mata berapa,  jarak mata ke hidung, jarak hidung ke bibir, mereka sudah ada pakem pemetaannya. Jadi mudah, cepat, efisien. Cuma ya, hasilnya sama," terang dia.

Perawatan Wajah ala Perempuan Korea. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah cantik ala Perempuan Korea. (Shutterstock)

Bicara soal pasien yang datang kepadanya untuk operasi plastik, Tompi mengatakan banyak yang maunya serba instan. Banyak orang beranggapan dengan operasi satu titik di wajah, sudah akan tampak berubah semuanya.

Baca Juga: Sakit demi Cantik, Begini Perjuangan Pasien Operasi Kelopak Mata Ganda

"Nah, itu salah. Misal hidung. Hidungnya mau mirip Nicolas Saputra. Nah, setelah dilakukan, kok nggak mirip? Ya, jelas nggak mirip karena wajah Nico ada bentuk rahangnya, giginya, lebar mata. Jadi ketika hanya hidung yang dibenahi, tidak akan bisa look menjadi sama persis, kecuali maunya diubah semua," ujar Tompi menerangkan.

Tompi kemudian mengayakan bahwa manusia sudah diciptakan Tuhan dengan karakter dan kecantikan yang berbeda-beda. Jika memang ingin dioperasi karena ada masalah, lakukan tanpa mengubahnya secara total.

"Kalau saya lebih konsen untuk mempertahankan karakternya, tinggal dipercantik aja, jadi bukan diubah semua," tutur dia.

Artis Korea, Park Min Young. (Instagram/@rachel_mypark)
Artis Korea, Park Min Young. (Instagram/@rachel_mypark)

Tompi pun mengaku lebih suka pasiennya datang dan berdiskusi detail mengenai bentuk wajah yang diinginkan. Jangan tiba-tiba datang membawa gambar model dan ingin total menjadi seperti yang ada dalam gambar tersebut.

Baca Juga: Memilih untuk Jujur, Artis Cantik Ini Ngaku Operasi Plastik!

"Kalau saya tidak pernah memberi contoh atau memberi gambaran mau muka seperti apa, wajah Korea atau Bule. Jadi kita datang dulu, ngobrol, maunya kayak apa. Di situ saya kasih saran-sarannya," kata Tompi. (Suara.com/Ade Indra Kusuma)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI