Evi Masamba Menikah, Begini Mewahnya Baju Pengantin Adat Bugis

Selamat berbahagia, Evi Masamba!

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 24 Oktober 2018 icon 10:01 WIB
Evi Masamba Menikah, Begini Mewahnya Baju Pengantin Adat Bugis

Evi Masamba. (Suara.com/Sumarni)

Evi Masamba menikah dengan kekasihnya, Arif Hafrianto, Rabu (24/10/2018). Penyanyi dangdut jebolan D Academy ini terlihat anggun mengenakan baju pengantin adat Bugis.

Melansir dari Suara.com, pernikahan Evi Masamba dengan Arif Hafrianto diadakan kediaman nenek Evi Masamba, Dusun Babana Kawali, Desa Malangke, Kecamatan Malangke, Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan. 

Selasa (23/10/2018) kemarin, Evi Masamba menggelar pengajian sekaligus acara Labbe atau mappanre temme. Acara ini merupakan bagian dari rangkaian tata cara pernikahan adat Bugis. Mappanre temme atau khatam Alquran dilakukan umumnya memang digelar sore hari pada H-1 pernikahan.

Baca Juga: Batal Nikah, Cewek Ini Sumbangkan Pestanya pada Pasangan Lain!

Saat pengajian, Evi Masamba tampak anggun dengan mengenakan kaftan dan kerudung putih. Penampilan juga semakin menarik berkat lukisan henna di tangannya.

Evi Masamba. (Instagram/@evi_masamba_real)

Kemudian saat melaksanakan upacara Labbe, Evi Masamba terlihat memakai baju adat tradisional warna merah yang disebut bodo.

Evi Masamba juga mengenakan berbagai aksesori pelengkap baju adat.

Baca Juga: Bikin Baper, Pasangan Ini Bagaikan Menikah di Negeri Dongeng!

Evi Masamba. (Instagram/@hikmah.nh)

Penampilan Evi Masamba saat menikah pun tidak kalah mewah. Dia masih setia dengan nuansa budaya Bugis.

Evi Masamba memakai paju pengantin adat Bugis warna hijau. Kesan mewah langsung terpancar berkar warna baju yang didominasi dengan hijau dan emas. Mahkota emas yang menjadi hiasan kepala pun sukses mencuri perhatian.

Evi Masamba. (Instagram/@antho_real)
Evi Masamba. (Instagram/@antho_real)

Bicara soal hiasan kepala yang dikenakan pengantin bugis, biasanya keunikan utama terletak pada riasan dahi berwarna hitam yang disebut dadasa. Bentuknya mirip riasan paes dalam adat Jawa tapi dalam model berbeda.

Tata rambut pengantin Bugis juga unik. Sanggul bagian belakang dibuat berdiri tegak sebagai tempat menyisipkan berbagai aksesori.

Hiasan bunga logam yang disebut pinang goyang diletakkan di atas sanggul, sedangkan aksesori lain berupa bunga simpolong dipasang di sisi sanggul.

Baca Juga: Pernikahan 4 Seleb Ini Sempat Tak Dapat Restu Orang Tua

Terakhir, pengantin Bugis memakai mahkota saloko. Nah, hiasan kepala yang bentuknya menyerupai ekor merak ini juga menjadi aksesori paling penting saat Evi Masamba menikah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI