Selain Dipakai Penunggang Kuda, Ini Fakta Menarik High Heels di Zaman Kuno

Berbeda sekali makna pemakaian high heels zaman kuno dengan masa kini.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 19 Desember 2018 icon 18:00 WIB
Selain Dipakai Penunggang Kuda, Ini Fakta Menarik High Heels di Zaman Kuno

Ilustrasi sepatu bertabur berlian. (Unsplash/Marcus Lewis)

High heels menjadi salah satu fashion item yang wajib dipunyai hampir semua wanita. Ternyata sebelum jadi sekeren sekarang, ada beberapa fakta menarik high heels di zaman kuno. Penasaran?

Sepatu ini memang memberikan kesan seksi dan anggun dalam berbusana. Namun siapa sangka, ternyata high heels di zaman kuno bukan menjadi fashion item seperti sekarang ini.

High heels sudah ada sejak tahun 3.500 SM yang telah digunakan manusia untuk beraktivitas. Penasaran kan fakta menarik high heels apa saja pada zaman kuno yang perlu kamu tahu? Cek di bawah ini, yuk!

1. Menghindari debu

Pada pertengahan abad, orang-orang dari kalangan atas memakai sepatu yang mempunyai sol yang terbuat dari kayu untuk mencegah terkena lumpur atau debu di jalan. Sepatu orang kaya pada zaman kuno terbuat dari bahan yang mahal dan rentan rusak sehingga diperlukan sol yang tinggi.

Ilustrasi sepatu bertabur berlian. (Unsplash/Gabriel Crismariu)
Ilustrasi sepatu bertabur berlian. (Unsplash/Gabriel Crismariu)

2. Simbol prostitusi

Pada zaman Romawi dan Yunani kuno, ternyata high heels adalah simbol prostitusi. Jika dikenakan di luar pagelaran teater, pemakaian sepatu ini berfungsi untuk mengidentifikasi pelacur.

3. Dipakai di pagelaran teater

Zaman dulu, orang Roma dan Yunani kuno juga pernah memakai high heels dalam pertunjukkan teater. Sol sepatu yang biasanya terbuat dari gabus ini dan digunakan para aktor saat pertunjukan untuk menonjolkan karakter yang diperankan.

4. Dipakai oleh penunggang kuda

Pada abad IX, para pria penunggang kuda di Timur Tengah memakai high heels agar lebih mudah mengontrol laju kuda yang mereka kemudikan. High heels sangat berguna sebagai pengait agar kaki para penunggang kuda tetap berada pada pijakan tali kuda.

sepatu high heels/unsplash.com
Sepatu high heels. (Unsplash)

5. Dipakai tukang daging

Salah satu fakta menarik high heels di zaman kuno adalah sepatu ini dipakai oleh tukang daging. Zaman Mesir kuno, high heels menjadi alat untuk tunjukkan status sosial pemakainya.

Orang-orang dari kalangan atas diperkenankan memakai high heels. Sedangkan orang-orang dari kalangan rendah harus berjalan tanpa alas kaki.

Sepatu hak tinggi pada kala itu terbuat dari kulit yang disatukan menggunakan tali dan diikatkan ke sol bagian bawah. Selain kalangan atas, high heels juga diperbolehkan untuk tukang jagal agar kaki mereka tidak terkena darah hewan yang dijagal.

Itulah beberapa fakta menarik high heels di zaman kuno. Bagaimana menurutmu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI