Fashion

Kamu Perlu Tahu, Ini 3 Panduan Waktu yang Tepat untuk Mencuci Busana

Ternyata waktu mencuci kaus dan celana jeans itu berbeda lho, Girls.

Yoeni Syafitri Sekar Ayoe | Kintan Sekarwangi

Perempuan mengenakan celana jeans. (Unsplash/Tamara Bellis)
Perempuan mengenakan celana jeans. (Unsplash/Tamara Bellis)

Dewiku.com - Mencuci busana yang kita pakai sehari-sehari memang sangat penting. Sebab kebersihan busana sangat dipengaruhi oleh itu. Nah, ada 3 panduan waktu yang tepat untuk mencuci busana. Kamu perlu tahu, nih!

Biasanya beda barang, beda penggunaan, tentu beda beda pula waktu ideal untuk mencucinya. Itu semua tergantung pemakaian dan bisa berpengaruh langsung terhadap kualitas barang. Nah, berdasarkan waktu ideal mencuci, terbagi menjadi tiga kategori.

Simak di bawah ini yuk untuk keterangan lebih lanjut!

1. Cuci sekali pakai

Ilustrasi kaus kaki. (Unsplash/Jisu Han)
Ilustrasi kaus kaki. (Unsplash/Jisu Han)

 

Busana yang harus dicuci sekali pakai yang biasanya kontak langsung dengan kulit dan memungkinkan adanya perpindahan bakteri dari keringat. Hanya dalam sekali pakai biasanya fashion item ini akan menimbulkan bau tak sedap.

Contoh busana yang harus dicuci saat sekali pakai adalah kaus, kaus kaki, legging, celana dalam, dan busana berbahan silk lainnya.

2. Cuci setelah tiga kali pakai

Memang tidak semua busana harus dicuci dalam sekali pakai saja. Biasanya ada beberapa yang bisa dicuci setelah tiga kali pemakaian. Fashion item ini yang dirasa tidak memiliki peluang terkena keringat.

Seperti bra, jumpsuit, outer, baju tidur, dan kerudung. Jika sangat jarang dipakai atau tidak berkeringat saat pemakaiannya, barang-barang tersebut bisa dicuci setelah lima kali pemakaian.

3. Dicuci sekali

Ilustrasi sepatu. (Pexels/Magda Ehlers)
Ilustrasi sepatu. (Pexels/Magda Ehlers)

 

Mungkin terdengar sangat aneh, hanya mencuci beberapa kategori busana dalam sekali cuci saja. Barang tersebut biasanya dibilang low maintenance. Seperti jeans, jaket, coat, dan sepatu.

Meski jarang dicuci, tapi barang yang sebaiknya tidak dicuci sering-sering ini butuh perhatian ekstra ketika mencucinya. Seperti sepatu yang perlu sabun khusus ketika mencucinya.

Gimana, sudah mengerti kan aturan mencuci pakaian favoritmu? Jangan lupa dicoba ya!

Berita Terkini