Fashion

Rayakan Inklusivitas, Butik Ini Pajang Manekin Duduk di Kursi Roda

Kalangan disabilitas pun merasa terwakili.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi gaun pengantin, (Unsplash/Anna Docking)
Ilustrasi gaun pengantin, (Unsplash/Anna Docking)

Dewiku.com - Dalam momen perayaan hari inklusi, seorang wanita di Inggris baru-baru ini melihat hal tidak biasa di jendela toko gaun pengantin.

Jika biasanya manekin dipajang dengan tegap, manekin di toko gaun pengantin tersebut berpose menggunakan kursi roda.

Potret manekin anti-mainstream itu pertama kali dibagikan oleh Beth Wilson, seorang disabilitas berusia 36 tahun.

Beth Wilson melihat manekin tersebut di Portishead, Bristol, Inggris dan membagikan foto itu di Twitter-nya sehingga orang-orang di seluruh dunia juga dapat melihat dan merayakan momen langka inklusivitas dalam dunia mode.

''Ini adalah pertama kalinya saya melihat kursi roda di etalase toko seperti ini dan sangat mengejutkan melihatnya, membuat saya merasa terwakili,'' katanya.

''Begitu sering orang berkebutuhan khusus merasa tidak terlihat karena kita pun tidak melihat diri kita di media, dan terutama tidak pernah menjadi model pakaian yang indah. Reaksi di Twitter telah menunjukkan bahwa ini sangat berarti bagi orang lain juga,'' tambahnya.

Beth Wilson. (Twitter/@doodlebeth)
Manekin di sebuah toko gaun pengantin berpose menggunakan kursi roda. (Twitter/@doodlebeth)

Diketahui, manekin dengan gaun putih off shoulder yang duduk di kursi roda itu dipajang oleh The White Collection, sebuah butik gaun pengantin di Portishead.

Beth Wilson memuji toko itu karena tidak hanya memasukkan manekin di kursi roda dalam tampilannya, tetapi juga mendekorasi kursi dengan tanaman merambat hijau nan indah.

''Alat bantu mobilitas sering digambarkan sebagai hal-hal negatif yang ingin disembunyikan. Padahal sebenarnya kursi roda  adalah alat bantu mobilitas yang memberi kita kebebasan'' kata Beth Wilson. ''Senang rasanya melihat mereka mendekorasi kursi daripada mencoba menyembunyikannya.''

Butik gaun pengantin ini memang bukan yang pertama menampilkan manekin menggunakan perangkat mobilitas seperti kursi roda. JC Penny di New York City pun pernah memiliki tampilan serupa, termasuk kursi rodanya, pada 2014 lalu.

Namun, inklusivitas semacam ini sangat jarang terjadi. Netizen pun memberi reaksi positif terhadap unggahan Beth Wilson. Hingga artikel ini dibuat, cuitan tersebut sudah mendapat 4.848 retweets dan 22.008 likes.

Berita Terkait

Berita Terkini