Ibu Ini Punya Racikan Ajaib Pembersih Sepatu Putih Anak, Kayak Baru Lagi

Sepatu putih buluk bisa kinclong kembali.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 30 Januari 2019 icon 18:00 WIB
Ibu Ini Punya Racikan Ajaib Pembersih Sepatu Putih Anak, Kayak Baru Lagi

Perempuan suka sneakers putih. (Unsplash/Nicole Honeywill)

Merawat sepatu putih agar selalu bersih dan bersinar memang tidak mudah. Apalagi sepatu itu dipakai anak-anak. Mereka tidak peduli sulitnya ibu membersihkan sepatu agar kembali kinclong.

Namun, bagi seorang ibu asal Australia, kotornya sepatu anak-anak itu bukan perkara besar. Ia memiliki racikan rahasia untuk membersihkan sepatu putih anak. Hasilnya juga luar biasa, sepatu putih kinclong seperti sepatu baru lagi.

Dilansir dari Daily Mail, melalui akun Facebook-nya, ibu itu berbagi racikan 'sneaker cleaning' buatannya sendiri. Bahan-bahannya berasal dari produk-produk rumah tangga, termasuk sabun cuci piring batang dan deterjen cair.

Baca Juga: Gucci Rilis Sepatu Kotor, Harganya Bikin Meringis

Dia mengklaim cairan racikannya itu, kotoran sepatu mudah luntur hanya dengan direndam dengan air dingin suhu 30 derajat.

Sebelumnya, siapkan dulu air di bak yang sudah dicampur racikan pembersih. Selanjutnya, dia mengaplikasikan formula pembersih buatannya yang dibuat menggunakan kombinasi dua tablet Finish Powerball, empat sendok Omo Ultimate, dan cairan cuci 60 mL. Aduk dengan air dan rendam sepatu, minimal selama satu jam.

Ilustrasi sepatu kotor. (Unsplash/Nadine Shaabana)
Ilustrasi sepatu kotor. (Unsplash/Nadine Shaabana)

''Jangan cuci lebih dari dua pasang sepatu ke mesin cuci. Masukkan juga handuk bekas ke dalam mesin cuci agar sepatu tidak merusak mesin,'' ujarnya.

Baca Juga: Tips Mencuci Sepatu Putih untuk Bahan Canvas, Suede dan Kulit

Terakhir, dia merekomendasikan pengeringan di bawah sinar matahari agar lebih cepat kering. Racikan pembersih sepatu itu membuat banyak ibu lain yang berkomentar di akun Facebook milinya. Beberapa di antaranya bahkan mengaku sudah mencoba.

Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)
Sneakers Stella McCartney X Adidas Stan Smith. (Stellamccartney)

Seorang netizen bahkan mengungkapkan bagaimana dia mengubah sepasang sepatu putih Converse menjadi kinclong setelah menggunakan produk pembersih racikan ibu tersebut.

''Oh God, luar biasa! Terima kasih sudah berbagi tips,'' komentar dia.

''Tadinya aku akan membuang sepatu putih yang sudah kumal. Tapi sekarang sepatu itu sudah baru lagi,'' sambungnya. (Vessy Dwirika Frizona)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI