Lagi, Nike Dikecam Umat Islam karena Dianggap Menghina Tuhan

Teks di sol sepatu jadi masalahnya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 30 Januari 2019 icon 20:07 WIB
Lagi, Nike Dikecam Umat Islam karena Dianggap Menghina Tuhan

Ilustrasi sepatu jogging. (Pexels/Jeshoots)

Merek sepatu papan atas, Nike, baru-baru ini mendapat kecaman dari umat Islam di berbagai negara. Sebabnya, merek asal Amerika ini dianggap telah menghina Allah SWT.

Dilansir dari Suara.com, laman berita daring Rusia Sputnik melaporkan kalau ada tulisan yang mirip lafal Allah dalam bahasa Arab pada sol sepatu Nike tipe Air Max 270.

Diketahui Nike Air Max 270 mulai dipasarkan sejak tahun lalu dan menggunakan teks serta font berbentuk khusus untuk ditempatkan pada solnya.

Baca Juga: Desain Makin Keren, Begini Cara Dapatkan Nike Air Max 720

Banyak yang menyebut logo itu memiliki kesan religius. Mereka yang marah mengklaim, Nike sengaja membuat logo mirip tulisan lafal Allah dalam bahasa Arab di bagian alas sepatu.

Nike Air Max s270. (Sputnik)
Nike Air Max 270. (Sputnik)

Karena hal tersebut, umat Muslim yang marah mendesak Nike menarik semua sepatu tipe Air Max 270 dari semua gerainya di seluruh dunia.

Tidak main-main, bahkan terdapat petisi yang digalang secara daring untuk mendesak Nike menarik semua produk sepatu tipe tersebut.

Baca Juga: Unik, Nike Meluncurkan Air Max yang Terbuat dari Rumput Palsu

Petisi itu dimulai oleh seseorang bernama Saiqa Noreen. ''Nike sungguh keterlaluan karena membiarkan nama Tuhan di alas sepatu. Ini tidak sopan dan sangat ofensif terhadap Muslim dan menghina Islam,'' tulisnya pada pengantar petisi.

Hingga kini, petisi Saiqa Noreen tersebut setidaknya telah ditandatangani oleh 6.000 warganet.

Ini bukan kali pertama Nike dikecam. Pada dua dekade lalu, persisnya tahun 1997, Nike pernah terjerat kontroversi serupa.

Baca Juga: Nostalgia Era 90an Bareng Nike Epic React Flyknit

Kala itu, Nike terpaksa menarik ribuan pasang sepatu karena mendapat protes dari pelanggannya yang beragama Islam. Sebab saat itu, tulisan "Air" pada sepatu Nike ditulis memakai jenis huruf yang mirip huruf Arab berlafal Allah.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI