Seragam Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Dibuat dari Pakaian Bekas

Jepang akan mendaur ulang pakaian bekas menjadi seragam Olimpiade Tokyo 2020.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 02 Februari 2019 icon 18:00 WIB
Seragam Olimpiade Tokyo 2020 Bakal Dibuat dari Pakaian Bekas

Ilustrasi olimpiade. (Unsplash/Vytautas Dranginis)

Siapa bilang pakaian bekas tidak berharga? Di Jepang, pakaian bekas bakal didaur ulang untuk dijadikan seragam resmi tim Olimpiade dan Paralimpiade Jepang di Olimpiade Tokyo 2020.

Dilansir dari Fashion United, brand sepatu dan perlengkapan olahraga asal Jepang, Asics, akan menempatkan kotak-kotak pengumpulan pakaian bekas di gerainya, mitra peritel, dan event-event olahraga di seluruh Jepang. Tujuannya adalah mengumpulkan sekitar 30.000 pakaian olahraga bekas untuk dijadikan seragam Olimpiade Tokyo 2020.

Asics menerima pakaian olahraga dari merek apapun hingga 31 Mei 2019. Nantinya, seragam dan sepatu olimpiade yang dibuat Asics akan mengandung serat poliester yang diekstraksi dari pakaian bekas hasil sumbangan.

Baca Juga: Iklan Aneh Jepang Membuat Netizen Tidak Nyaman, Memangnya Kenapa?

Baju bekas. (Shutterstock)
Baju bekas. (Shutterstock)

 

Para penyumbang pun dapat mengikuti proses daur ulang melalui buletin khusus, di mana mereka akan memiliki akses lewat pemindaian barcode yang ditampilkan pada kotak koleksi.

Menurut Asics, inisiatif ini bertujuan mewujudkan produksi pakaian yang berkelanjutan, sejalan dengan program PBB dan targetnya mengurangi emisi CO2 pada tahun 2030.

Baca Juga: Ngakak! Gara-Gara Malas Masuk Rumah, Anjing Ini Punya Lahan Parkir Khusus

Baca Juga: Wakili Jepang di Miss World, Wanita Ini Keturunan Raja Samurai

Namun, tidak semua pakaian bisa didaur ulang.. Beberapa campuran poliester cukup sulit didaur ulang menjadi pakaian baru sehingga konsumen diharapkan tidak menyumbangkan pakaian bekas yang mengandung bahan tersebut. (Vania Rossa)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI