Fashion

Kontroversi Foto Kaesang Pangarep Pakai Kaos Logo Palu Arit, Cuma Editan?

Beredarnya foto Kaesang Pangarep yang tengah mengenakan kaos berlogo palu arit sempat bikin geger netizen.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Kaesang Pangarep. (Suara.com/Adhitya Himawan)
Kaesang Pangarep. (Suara.com/Adhitya Himawan)

Dewiku.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep, kembali menjadi sasaran penyebaran kabar miring yang beredar luas terutama di media sosial internet. Kali ini, tersebar sebuah foto yang terlihat menunjukkan Kaesang tengah berpose mengenakan sebuah baju kaos hitam dengan logo palu arit di dadanya.

Foto yang kontan menuai kontroversi itu pun banyak menyebar, terutama sepanjang Senin (11/2/2019) kemarin. Pada foto yang beredar tersebut, turut pula disertakan narasi tulisan yang antara lain berbunyi: ''Anak siapakah ini? Bebas gunakan T Shirt dan logo palu arit. Kira-kira bakal dipenjara gak ya?''

Namun, benarkah seorang Kaesang mengenakan kaos berlogo palu arit itu?

Dilansir dari Suara.com, berdasarkan hasil penelusuran yang dilakukan tim Mafindo (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia) yang dimuat melalui situs Turnbackhoax.id, pencarian foto Kaesang tersebut menemukan hasil yang segera membantah gambar kaos berlogo palu arit yang beredar.

Foto aslinya ternyata merupakan karya fotografer Detik.com, yang antara lain ditayangkan sebagai gambar utama dalam berita berjudul ''Saat Anak-anak Jokowi Ikut Heboh Nurhadi-Aldo'' yang tayang pada 10 Januari 2019 lalu. Pada foto itu terlihat jelas bahwa tidak ada logo apa pun (apalagi palu arit) pada baju kaos yang dikenakan Kaesang Pangarep.

Bantahan terhadap foto hasil rekayasa itu pun antara lain sudah dilakukan sejumlah netizen melalui media sosial. Salah satunya ditunjukkan oleh akun @yunantyo2 melalui cuitannya di Twitter.

Salah satu unggahan yang menunjukkan bahwa foto Kaesang Pangarep berbaju kaos logo palu arit adalah hoaks. [Akun Twitter @yunantyo2/capture]
Salah satu unggahan yang menunjukkan bahwa foto Kaesang Pangarep berbaju kaos logo palu arit adalah hoaks. [Akun Twitter @yunantyo2/capture]

 

Terbukti, foto tersebut adalah hasil editan yang dilakukan oleh seseorang dengan menambahkan logo palu arit pada foto aslinya. Artinya, foto Kaesang Pangarep mengenakan kaos berlogo palu arit merupakan sebuah disinformasi (hoaks) berwujud gambar palsu, atau tepatnya tergolong konten yang dimanipulasi alias direkayasa (manipulated content). (Suara.com/Arsito Hidayatullah)

Berita Terkini