Dolce & Gabbana Kena Hujat Lagi, Kali Ini Perkara Tas Body Shaming

Seperti apa produk yang dianggap sebagai tas body shaming itu?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Sabtu, 18 Mei 2019 icon 06:00 WIB
Dolce & Gabbana Kena Hujat Lagi, Kali Ini Perkara Tas Body Shaming

Dolce & Gabbana. (Instagram/@dolcegabbana)

Dolce & Gabbana kembali menuai kontroversi karena meluncurkan tas dengan kata-kata yang dinilai mengandung unsur body shaming. Netizen bahkan bukan hanya menghujat lini fesyen papan atas ini, tapi juga situs belanja TK Maxx yang menjual produk tersebut.

Semua ini bermula dari sebuah tas yang diluncurkan oleh dua perancang kondang mereka, Stefano Gabbana dan Domenico Dolce. Tas tersebut bertuliskan 'I am thin and gorgeous' (saya kurus dan cantik).

Kalimat itu membuat netizen ramai-ramai berkomentar. Mereka mengatakan jika tas itu memojokkan perempuan yang tidak berbadan kurus alias bisa dikategorikan sebagai body shaming.

Baca Juga: Cinta Laura Alergi Dengar Orang Hobi Singgung Berat Badan

Dilansir dari Metro, netizen bahkan berpikir terlalu jauh dan mengatakan jika hal itu bisa memicu seseorang untuk mengalami gangguan pola makan.

Tas Dolce & Gabbana body shamming. (TK Maxx)
Tas body shamming Dolce & Gabbana. (TK Maxx)

"Talk about a possible trigger. In this day and age, things like this should not be on shelves," kata seorang netizen.

"I am thin and gorgeous?? Wow, way to make everyone feel good," komentar yang lainnya.

Baca Juga: Tampil di Iklan Rasis Dolce & Gabbana, Model China Ini Minta Maaf

Bukan cuma Dolce & Gabbana yang menjadi bulan-bulanan netizen. TK Maxx, situs belanja yang menjual produk tersebut juga ikut-ikutan diserang.

Kini, TK Maxx menjual tas model clutch yang dihiasi tulisan bergaya grafiti itu dengan harga diskon, yakni dari 1.890 poundsterling menjadi hanya 699 poundsterling atau sekitar Rp 13 juta.

Tas Dolce & Gabbana body shamming. (TK Maxx)
Tas body shamming Dolce & Gabbana. (TK Maxx)

Kendati begitu, apakah tas body shamming itu didiskon terkait dengan banjir protes dari netizen atau bukan, tak ada yang mengonfirmasi kemungkinan itu. Namun satu hal yang pasti, Dolce & Gabbana tak pernah sepi dari kontroversi.

Baca Juga: Hadiah dari Dolce & Gabbana Bikin Kim Kardashian Dihujat Netizen

Sementara ini, Dolce & Gabbana bukan hanya sekali ini menuai kontroversi. Sebelumnya pada November tahun lalu, Dolce & Gabbana juga sempat tersandung isu rasisme karena menampilkan iklan wanita China yang kesusahan mengkonsumsi makanan Italia dengan sumpit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI