Fashion

Ini Koleksi Fesyen Bersejarah Milik Ani Yudhoyono, Ada Batik Barack Obama

Ani Yudhoyono juga begitu mencintai wastra nusantara.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono. (Suara.com/Erick Tanjung)
Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ani Yudhoyono. (Suara.com/Erick Tanjung)

Dewiku.com - Kabar duka datang dari Istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ani Yudhoyono meninggal dunia pada Sabtu (1/6/2019) pukul 11.50 waktu Singapura.

Meninggalnya Ani Yudhoyono telah dikonfirmasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Andi Arief. "Innalillahi wainnailaihi rojiun, Bu Ani telah meninggal dunia pada 11.50 waktu Singapura," cuit Andi Arief dalam akun Twitter pribadinya.

Bicara sosok Ani Yudhoyono, memang ada banyak hal menarik untuk dibahas. Salah satunya adalah tentang ketertarikannya terhadap mode sejak usia muda.

Beberapa waktu lalu, Annisa Pohan berbagi cerita soal benda dengan bernilai sejarah tinggi yang dimiliki sang ibu mertua.

Dalam akun Instagramnya @annissayudhoyono, ia bercerita sekaligus memamerkan koleksi fesyen bersejarah Ani Yudhoyono saat berkunjung di acara Pembukaan Wastra Nusantara di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor, pada 9 April 2019.

Pameran itu menampilkan koleksi wastra nusantara dari para Ibu Negara, termasuk Ani Yudhoyono yang menjadi Istri Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono. 

Dalam caption, Annisa menuliskan beberapa koleksi busana dari Ani Yudhoyono.

"Kemarin saya menghadiri acara Pembukaan Wastra Nusantara di Museum Kepresidenan Balai Kirti, Bogor. Pameran ini menampilkan 'Kain Nusantara Koleksi para Ibu Negara', salah satunya memerkan koleksi ibu Negara dari presiden ke-6, Ibu @aniyudhoyono," tulisnya.

"Foto kebaya putih dengan kain batik motif Papua adalah kebaya yang dikenakan pertama kali sebagai Ibu Negara dalam pelantikan Presiden SBY periode 1."

Koleksi batik Ani Yudhoyono. (Instagram/@annissayudhoyono)
Koleksi batik Ani Yudhoyono. (Instagram/@annissayudhoyono)

"Kemudian ada 'Batik Obama', yang merupakan selembar kain Batik Solo, yang dulunya adalah koleksi dari Ann Dunham Ibunda dari Presiden @barackobama, kemudian dipilih dan dihadiahi khusus untuk Ibu Ani dari Presiden Obama ketika berkunjung ke Indonesia."

Dalam keterangan foto, Annisa juga secara khusus menjelaskan berbagai hal melalui buku #berkebayaalaaniyudhoyono yang kala itu juga tengah disiapkan konsep pamerannya. Namun, tampaknya sebelum pameran itu benar-benar terlaksana, sang mertua, Ani Yudhoyono meninggal dunia. (Suara.com/Ade Indra Kusuma)

Berita Terkait

Berita Terkini