Jangan Asal Berangkat, Ini Tips Silaturahmi ke Rumah Calon Mertua

Pastikan kamu meninggalkan kesan positif. Ini biar hubunganmu dengan pasangan bisa berlangsung lancar sampai ke pelaminan.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Jumat, 15 Juni 2018 icon 17:30 WIB
Jangan Asal Berangkat, Ini Tips Silaturahmi ke Rumah Calon Mertua

Ilustrasi pertemuan keluarga / pexels.com

Tidak ada salahnya berkunjung ke rumah pasangan pada momen Lebaran. Niat utamanya jelas silaturahmi, bukan sekedar mencari muka di depan calon mertua.

Nah, buat kamu yang masih deg-degan mau ketemu calon mertua, baca dulu beberapa tips berikut ini. Jadikan kunjunganmu itu benar-benar meninggalkan kesan yang baik, bukannya malah berubah menjadi bencana.

1. Pilih waktu yang tepat

Setiap keluarga memiliki kebiasaan yang berbeda saat perayaan Lebaran. Coba tanyakan ke pasanganmu, kira-kira kapan waktu terbaik untuk berkunjung.

Sebaiknya saat kondisi rumah sudah tidak terlalu ramai biar kamu bisa mengobrol dengan lebih santai. Jangan datang terlalu malam juga, karena calon mertua pasti sudah lelah setelah beraktivitas seharian.

2. Kenakan pakaian yang sopan

Pilih warna-warna yang netral dan tidak mencolok. Kamu juga bisa menggunakan beberapa aksesoris tapi tidak usah sampai berlebihan, misalnya dengan menambahkan scraf atau bros sederhana. Dandannya juga yang sebisa mungkin yang terkesan natural saja.

3. Bawa bingkisan

Ilustrasi kue kering / pexels.com

www.pexels.com

Jangan datang dengan tangan kosong. Karena momennya lebaran, boleh juga membawa parsel makanan. Atau, tanya ke pasanganmu, barang apa yang sekiranya bisa menyenangkan orang tuanya. Kerudung baru, mungkin?

Bingkisan yang kamu bawa cuma pemanis saja ya. Enggak perlu sering-sering dibahas waktu lagi mengobrol juga. Nanti yang ada kamu malah dianggap terlalu pamrih sama calon mertua.

4. Jadilah pendengar yang baik

Mungkin calon mertuamu akan banyak berbicara tentang kehidupan berumah tangga untuk menasehati kamu dan pasangan.

Kalau tidak, bisa jadi kamu akan mendapatkan banyak cerita tentang masa kecil anaknya yang sekarang jadi kesayanganmu.

Dengarkan saja semuanya dan selalu berikan tanggapan positif. Mereka akan merasa dihormati dan terkesan dengan sikap sopanmu itu.

5. Bersikap akrab dan mau berbaur

Ilustrasi foto / pexels.com

www.pexels.com

Jangan hanya fokus dengan pasanganmu atau orang tuanya. Cobalah untuk lebih dekat dengan anggota keluarga lainnya, seperti adik atau kakaknya. Dengan paman atau tantenya juga, kalau pas kebetulan ada.

Jangan ragu untuk menawarkan bantuan saat calon mertua sedang menyiapkan makanan atau pekerjaan rumah ringan lainnya. Ini juga bisa menambah kedekatanmu dengan mereka.

Dewiku.com/Rima Sekarani

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI