Sering Ditanya Kapan Nikah, Kamu Jadi Kepikiran 5 Hal Ini

Pertanyaan kapan nikah memang membuat risih kalau terlalu keseringan kamu dengar. Namun, tanpa sadar kamu juga jadi bisa merenungkan banyak hal.

By: Rendy Adrikni Sadikin icon Sabtu, 16 Juni 2018 icon 13:15 WIB
Sering Ditanya Kapan Nikah, Kamu Jadi Kepikiran 5 Hal Ini

Ilustrasi menikah / pixabay.com

Jika kamu masih sendiri di Lebaran tahun ini, siap-siap dapat pertanyaan yang sama seperti tahun kemarin.

Kapan nikah? Pertanyaan yang cuma terdiri dari dua kata itu hampir bisa dipastikan tidak hanya akan kamu dengar dari satu orang saja.

Bisa dari tetangga, teman lama, saudara, tante, paman, kakek, nenek, atau bahkan mungkin juga dari mantanmu yang sudah punya anak.

Mau secuek apapun, kalau keseringan ditanya kapan nikah, pasti jadi kepikiran juga. Nah, biasanya apa saja yang terlintas di kepalamu? Adakah di antara 5 hal berikut ini?

1. Kamu belum ingin buru-buru menikah karena masih ingin menikmati masa mudamu

Ilustrasi foto / pixabay.com

www.pixabay.com

Masih banyak impian yang ingin kamu raih. Atau, masih banyak tempat-tempat yang ingin kamu jelajahi sebelum kamu berumah tangga dan mengembang tanggung jawab baru.

Kamu berharap orang-orang memahami bahwa saat ini kamu masih ingin menikmati masa muda sembari mempersiapkan diri secara mental, emosional, maupun finansial. Calon pasangan halalmu mungkin juga sedang melakukan yang serupa.

2. Persiapan acara pernikahan ternyata memang merepotkan

Ilustrasi acara pernikahan / pixabay.com

www.pixabay.com

Setiap kali ditanya kapan nikah, kamu jadi terbayang dengan banyak acara pernikahan lain yang pernah kamu hadiri sebelumnya. Begitu sakral dan indah, tapi juga bikin super lelah. Kamu membayangkan betapa ribetnya mengurus katering, fitting baju pengantin, mencetak undangan, memesan gedung, atau perdebatan antar dua keluarga terkait konsep pernikahan.

Kamu akan berpikir, bisakah kamu menjalaninya sekarang? Tidak apa-apa. Tidak udah dipaksakan kalau belum memang belum siap. Cuma kamu dan pasanganmu yang tahu kapan waktu yang paling tepat untuk lanjut ke jenjang pernikahan.

3. Teman-temanmu memang sudah bahagia berumah tangga, tapi kamu juga tidak kalah bahagia meskipun belum menikah

Ilustrasi bridesmaid / pixabay.com

www.pixabay.com

Kalian menemukan kebahagiaan dengan cara masing-masing. Mereka mungkin sudah lebih dulu memiliki keluarga, tapi pencapaian karirmu saat ini lebih baik dari teman-temanmu itu lho.

Kamu terkadang tidak habis pikir kenapa orang-orang merasa kasihan padamu karena melihatmu belum menikah.

Padahal kamu hanya ingin menikah jika memang sudah siap, bukan karena tekanan orang lain atau harapan ideal lingkungan sekitar.

4. Terkadang kamu juga bisa jadi merasa kesepian

Ilustrasi kesepian / pixabay.com

www.pixabay.com

Ada kalanya kamu merasa kesepian saat melihat orang lain bahagia dengan pasangan masing-masing, sedangkan kamu masih single.

Meskipun kamu memiliki keluarga dan sahabat-sahabat kesayangan, kamu sebenarnya juga ingin berbagi pikiran dan perasaan bersama orang spesial yang jadi pendamping hidupmu.

Tidak apa-apa. Cepat atau lambat, kamu juga akan dipersatukan dengan dia jika memang sudah waktunya.

5. Kamu ingin merencanakan pernikahan impianmu secara matang

Ilustrasi foto / pixabay.com

www.pixabay.com

Kamu punya lebih banyak waktu untuk memantaskan diri sebelum dipertemukan dengan jodoh. Kamu juga jadi banyak belajar dari pernikahan-pernikahan temanmu yang sudah diselenggarakan lebih dulu.

Bukan cuma konsep acara ijab kabul dan resepsinya. Kamu jadi kepikiran kalau ada baiknya kamu mulai mencari tahu tentang hal-hal seputar kehamilan atau bahkan belajar cara mendidik anak.

Jadi saat kamu akhirnya menikah, kamu tidak benar-benar mulai dari nol. Progesif banget kan?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI