Jangan Salah Pilih, Jauhi 5 Tipe Teman Nyebelin Ini

Hidupmu hanya akan semakin melelahkan kalau kamu berteman dengan orang yang salah.

By: Tinwarotul Fatonah icon Minggu, 17 Juni 2018 icon 13:20 WIB
Jangan Salah Pilih, Jauhi 5 Tipe Teman Nyebelin Ini

Ilustrasi pertemanan / pixabay.com

Kamu semestinya bahagia saat bertemu dengan temanmu. Kamu bisa berbagi pikiran dan keluh kesah lalu mendapatkan semangat baru. Tapi bagaimana kalau yang kamu alami justru sebaliknya? Bukannya senang, kamu malah takut dan menyesal sudah mengenal mereka. Bahkan kalau diteruskan, pertemanan itu rasanya hanya merugikan kamu saja.

Nah, biar kamu nggak salah pilih, berikut adalah beberapa tipe teman menyebalkan yang sebaiknya kamu jauhi.

1. Hobi nyinyir saat mengobrol

Ilustrasi sahabat / pixabay.com

www.pixabay.com

Bergosip dengan teman dekat memang menyenangkan. Tapi beda rasanya kalau apa-apa ditanggapi dengan omongan nyinyir. Jangan-jangan, di belakangmu mereka juga menjadikan kamu bahan obrolan negatif itu. Jadi lebih baik menjauh saja dan tidak perlu diladeni.

2. Bias gender dan merendahkanmu

Tidak ada seorang pun yang berhak merendahkan kamu dengan membawa gender. Kamu pasti sebenarnya tidak nyaman jika ada orang yang misalnya terus-terusan mengatakan, “Cewek tuh di rumah aja. Ngapain kerja. Suka nyusahin di lapangan. Mending fokus bersih-bersih rumah sama ngurus anak!”

Kalau kamu tidak nyaman, kamu berhak meninggalkan hubungan pertemanan seperti itu. Sebaliknya, jalan perlakukan teman lelakimu dengan cara serupa.

teman-kantor/pexels.com

www.pexels.com

3. Mementingkan dirinya sendiri

Teman yang baik semestinya perhatian dan memberikan respon positif saat kamu membutuhkan dia, bukannya malah mengabaikanmu. Sedangkan saat dia yang butuh, dia selalu bikin kamu repot. Saat kalian bertengkar, dia juga hanya mementingkan diri sendiri dan berperan sebagai korban. Kalian hanya bisa berbaikan jika kamu mau menuruti keinginannya. Kamu nggak lelah dengan teman macam itu?

4. Tidak bisa menjadi pendengar yang baik

Ilustrasi sahabat / pixabay.com

www.pixabay.com

Mungkin kamu punya teman yang sering mengajakmu mengobrol tapi dia selalu sibuk membicarakan dirinya sendiri. Bahkan saat kamu menghubunginya karena ingin curhat, obrolan kalian tetap berakhir tentang dia. Lebih baik jauhi teman yang egois seperti itu. Kamu juga butuh didengarkan kan?

5. Dia mempengaruhi kamu untuk melakukan hal-hal destruktif

Dia mengajakmu untuk mengonsumsi narkoba, minuman keras, seks bebas, atau hal negatif lainnya. Jika kamu terus berteman dengan dia, kamu hanya akan rugi karena menghancurkanmu diri sendiri. Kalau kamu bisa memilih teman yang lebih baik, kenapa terus bertahan dengan dia yang bikin kamu merusak diri sendiri?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI