Mirip Dramanya, Begini 7 Gaya Pacaran di Korea Selatan

Beberapa di antaranya mungkin terkesan lebay kalau diterapkan pasangan Indonesia.

By: Dinar Surya Oktarini icon Kamis, 21 Juni 2018 icon 11:29 WIB
Mirip Dramanya, Begini 7 Gaya Pacaran di Korea Selatan

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest

Kalau dilihat dari sederet tayangan drama Korea, pacaran ala pasangan di Korea Selatan terlihat begitu manis, romantis, dan juga sering kali terkesan menggemaskan. Tidak heran jika kemudian banyak yang ingin punya kisah cinta ala drama Korea. Mungkin termasuk kamu juga ya?

Dilansir dari Seoulistic, berikut adalah beberapa gaya pacaran di Korea Selatan. Apa jadinya kalau diterapkan di Indonesia ya?

1. Perjodohan dan kencan buta

Baca Juga: Jangan Main Kode, Kamu Mesti Blak-blakan Kalau Punya Pacar Cuek

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest Pinterest

Mereka yang masih sendiri alias jomblo tidak asing lagi dengan yang namanya kencan buta dan perjodohan. Kamu pasti sering melihat adegan kencan buta di drama Korea kan? Peran biro jodoh juga sangat berperan dalam membantu mencari pasangan yang potensial dan ideal.

Selain itu, banyak yang menjalin kasih karena awalnya dikenalkan oleh keluarga atau teman. Jatuhnya mirip dicomblangin alias perjodohan juga kan?

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Menghadapi Pacar Cemburuan

Ada sebagian yang bertemu secara tidak sengaja semacam di drama-drama itu sih. Namun, kebanyakan mereka lebih memilih kencan buta dan perjodohan.

Kalau di Indonesia, perjodohan itu agaknya masih dianggap tabu. Kita belum seterbuka orang Korea Selatan yang enteng saja bilang ke orang di sekitarnya kalau dia mau berangkat kencan atau menemui calon pasangan pilihan orang tua.

2. Jarang pamer kemesraan

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest Pinterest

Mereka masih menjunjung tinggi konsep public displays of affection. Mungkin kamu sering menonton adegan pasangan sedang berciuman atau berpelukan di ruang publik. Tapi, ternyata itu bukanlah gaya pacaran yang dianggap wajar di sana. Hal seperti itu dianggap berlebihan dan terlalu agresif. Kalau mau jalan-jalan romantis, merangkul atau bergandengan tangan saja sudah cukup.

Indonesia? Banyak yang hobinya mengumbar kemesraan. Banget. Sampai kadang bikin yang lihat jadi gerah dan geregatan pengen misahin, apalagi para jomblo.

3. Suka pakai couple item

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest Pinterest

Para penggemar K-Drama dan K-Pop pasti tahu banget kalau banyak dating rumor yang bermula dari ditemukannya couple item antara dua artis. Kaosnya samaan dikit, heboh. Pakai jam tangan atau gelang dengan merek dan seri yang sama, heboh.

Benda-benda couple memang lazim dipakai mereka yang berpacaran di Korea Selatan. Mulai dari baju, sepatu, tas, sampai berbagai aksesori lain. Bagi mereka, mengenakan benda yang sama dengan pasangannya sama seperti mengatakan, "Dia milikku dan aku miliknya." Romantis abis!

Eits, tunggu dulu. Pakai barang couple sebenarnya juga banyak dilakukan pasangan Indonesia sih. Tapi kamu sering dengar kalau yang kayak begitu dianggap lebay kan ya? Malah ada yang menganggapnya childish.

4. Perayaan anniversary 100 hari

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest Pinterest

Pasangan Indonesia juga senang merayakan hari jadian tapi kebanyakan secara tahunan, walau ada juga yang niat banget ngadain setiap bulan.

Namun, orang Korea ternyata lebih senang merayakan hubungan mereka dengan hitungan hari, misalnya 100 hari. Mereka telaten menghitung banyaknya hari yang telah dijalani bersama, 100 hari, 200 hari, 300 hari, dan seterusnya.

Mau mencoba kayak begini juga? Duh, siap-siap bakal dikatain kurang kerjaan. Apalagi kalau sampai di 1.000 hari. Malah kesannya horor karena kayak lagi memperingati hari kematian. Duh!

5. Laki-laki membawakan tas milik pasangannya

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest

Pinterest

Para oppa dan ahjussi di sana tidak merasa malu membawakan barang-barang pasangan, termasuk kalau itu adalah tas si cewek. Itu adalah cara menunjukkan perhatian dan dianggap sebagai bukti bahwa mereka bisa diandalkan.

Kalau para abang dan mamas di sini, bawa barang belanjaan mungkin masih oke ya. Tapi kalau sampai membawakan handbag pasangan, mukanya mungkin bakal keliatan tertekan banget.

6. Nggak buru-buru mengenalkan pasangan kepada orang tua atau teman

Ilustrasi pasangan kekasih / Pinterest Pinterest

Ini hampir mirip dengan kebiasaan di negara kita. Mereka pun enggan mengenalkan pasangan kepada orang tua jika merasa hubungan yang dijalin belum sampai tahap serius.

Kalau kita, sepertinya tidak apa-apa dikenalkan ke teman-teman dulu. Sekalian bikin pengumuman untuk menghindari tragedi ditikung dan menikung. Tapi kalau buat mereka, tidak secepat itu prosesnya.

7. Restu orang tua adalah kunci

Ilustrasi pernikahan / pixabay.com

Ini juga relatif sama kayak di Indonesia. Pasangan orang Korea masih membutuhkan restu orang tua saat ingin menikah. Kalau orang tua tidak setuju, ya hubungan asmaramu terpaksa kandas.

Baca Juga: Sifat Pria yang Perlu Kamu Hindari Agar Hidupmu Lebih Bahagia

Jadi jangan protes kalau pas menonton drama Korea, kamu sering dibuat nyesek karena kedua pemeran utama tidak bersatu lantaran terhalang restu orang tua. Apalagi kalau alasannya karena perbedaan level keluarga. Hiks....

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI