Relationship

Kenapa Cowok Nggak Peka? Ini Penjelasannya!

Ini bukan cuma mitos lho. Ternyata fenomena ini memang ada penjelasan ilmiahnya!

Rima Sekarani Imamun Nissa | Rima Suliastini

Ilustrasi foto / pexels.com
Ilustrasi foto / pexels.com

Dewiku.com - Apakah kalian sering bertanya-tanya, kenapa cowok nggak peka? Sepertinya hampir semua cewek di dunia mempertanyakan hal yang sama. Jadi, kenapa ya?

Ternyata itu bukan cuma mitos lho. Menjawab pertanyaan kalian, Dewiku.com akan memberikan penjelasan ilmiah tentang cowok yang nggak peka terhadap lingkungannya, termasuk perasaan kamu. Simak di bawah ini.

Rasa empati cowok akan berkurang ketika dia pubertas

Jadi, ketika cowok memasuki masa pubertas, rasa empati mereka akan semakin berkurang dan tidak gampang dipengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Mungkin perubahan ini yang kemudian salah dibaca oleh setiap cewek sebagai sikap nggak peka.

Hal ini terbalik dengan situasi cewek yang justru semakin peduli dengan lingkungannya ketika dia semakin dewasa dari hari ke hari.

Ilustrasi cowok nggak peka/pinterest.com
Ilustrasi cowok nggak peka/pinterest.com

Proses emosional cowok dengan cewek berbeda

Menurut Dawn Michael, seperti yang dilansir dari Yourtango.com, otak manusia memiliki dua sistem emosional yang bekerja secara bersamaan dan cowok cenderung hanya memakai salah satunya. Sedangkan cewek lebih banyak memakai keduanya. Inilah kenapa cewek jadi cenderung lebih peka dan perasa.

Cowok nggak peka karena mempertahankan diri

Secara naluri, cowok selalu tertantang untuk mempertahankan diri, bahkan tanpa menunggu persetujuan orang lain. Ini juga termasuk caranya menunjukkan betapa kuatnya kepribadian dia.

Mungkin dia sebenarnya tahu kalau kamu ingin dia bilang kangen. Tapi kalau dia mengaku, dia merasa bakal terlihat lemah dan melankolis. Nah, dia jadinya cuma diam deh. Hasilnya bisa ditebak, cewek akan mengerucut pada kesimpulan bahwa cowok itu nggak peka!

Ilustrasi cowok nggak peka/Information Nigeria
Ilustrasi cowok nggak peka/Information Nigeria

Cowok lebih pengertian daripada peka

Girls, daripada kamu sibuk mikirin kenapa cowok nggak peka, lebih baik kamu sadari sisi positif lain dari cowok, yaitu sangat pengertian. Coba deh kamu kilas balik tentang seberapa besar pengertian dia buat kamu. Besar banget kan?

Dia memahami kamu tanpa banyak berkata. Dia juga memaklumi berbagai kekurangan maupun kesalahanmu. Itu sudah bisa dibilang cowok pengertian kan? Kamu mungkin baru menyadarinya, tapi itu bukan berarti terlambat untuk memaafkan sikap nggak peka dari mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini