Wajib Baca, Ilmuwan Temukan Cara Cepat Move On dari Mantan

Siapa yang masih mengeluh susah move on dari mantan?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 20 September 2018 icon 18:30 WIB
Wajib Baca, Ilmuwan Temukan Cara Cepat Move On dari Mantan

Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Andrew Le)

Sebuah penelitian ilmiah menemukan cara cepat move on dari mantan. Tidakkah kamu tertarik untuk menerapkan rekomendasi solusi dari para ahli?

Apakah kamu termasuk dalam golongan susah move on dari mantan? Setelah putus cinta, banyak orang memilih untuk mengalihkan perhatian pada hal-hal baru agar bisa lebih cepat melupakan perasaan sedih ataupun kecewa. Yakin itu efektif?

Ternyata menurut penelitian, salah satu cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit setelah putus cinta adalah dengan sering memikirkannya. Kontrafiktif dengan apa yang sering kamu dengar selama ini, kan?

Baca Juga: Pacar Ancam Bunuh Diri saat Putus? Ini Solusinya

Dalam penelitian dimuat di jurnal Psychological and Personality Science, sering memikirkan si mantan justru punya efek penyembuhan dan membuat perasaan jauh lebih tenang dengan cepat.

Dilansir dari The Independent, para ahli mengungkapkan seseorang yang bicara berulang-ulang dan mengekspresikan perasaan mereka setelah putus cinta akan merasa jauh lebih nyaman.

Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Becca McHaffie)
Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Becca McHaffie)

Penelitian tersebut menganalisis efek perasaan putus asa saat seseorang patah hati. Sebanyak 210 yang belum lama berpisah dengan pasangan masing-masing diminta berpartisipasi untuk menjawab kuesioner mendalam dan sederhana. Mereka juga menjalani proses pengukuran psikofisiologis dan wawancara.

Baca Juga: Sahabat Baru Putus? Kirim Pesan Seperti Ini untuk Menghiburnya

Studi ini secara khusus mengamati reorganisasi konsep diri, yakni sebuah proses melihat diri sendiri saat berpisah dengan pasangan dan bagaimana saat menjalani hubungan.

Para ilmuwan pun terkejut ketika mendapati kelompok peserta yang dipaksa untuk memikirkan dan membicarakan perpisahan mereka malah bisa lebih cepat pulih. Secara psikologis, meraka merasa lebih baik karena mampu melepaskan seluruh perasaan yang dirasakan tentang mantan.

Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Anthony Tran)
Sedih karena susah move on dari mantan. (Unsplash/Anthony Tran)

Salah seorang dari tim peneliti, Dr. Grace Larson mengungkapkan proses tersebut terjalin secara psikologis dengan pasangan yang telah menyakiti.

''Studi kami memberikan bukti tambahan bahwa perbaikan konsep diri sebenarnya menyebabkan peningkatan dalam perasaan nyaman.'' ujar dia.

Meskipun begitu, para peneliti sebenarnya masih belum terlalu yakin mengapa metode ini bisa membantu mereka yang awalnya merasa susah move on. 

''Itu mungkin hanya efek dari mengekspresikan perasaan secara berulang-ulang dan membuat narasi,'' kata dia.

Nah, itulah cara cepat move on dari mantan. Meskipun masih butuh penelitian lebih lanjut, sepertinya tetap bisa kamu coba, kok.

 

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Sedang Kesepian

Artikel ini sudah dipublikasikan di Suara.com dengan judul Ilmuwan Temukan Cara Cepat Move On dari Mantan, Mau Tahu?

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI