Penasaran Sama Open Relationship? Cari Tahu Dulu Aturannya

Jika belum berani menanggung segala konsekuensinya, jangan coba-coba deh.

By: Tinwarotul Fatonah icon Rabu, 26 September 2018 icon 21:00 WIB
Penasaran Sama Open Relationship? Cari Tahu Dulu Aturannya

Ilustrasi pasangan kekasih. (Pexels)

Menjalin hubungan terbuka atau sering disebut open relationship, berarti kamu di dalam hubungan yang nggak monogami. Sebelum lebih jauh lagi, kamu harus cari tahu dulu aturan open relationship.

Dilansir dari laman Boldsky, open relationship disebabkan kebutuhan manusia yang meningkat. Pasangan cenderung mulai menginginkan faktor lain yang ia tak dapatkan dalam hubungan yang sedang dijalani.

Open relationship berarti dua orang dalam komitmen untuk serius satu sama lain namun memiliki perjanjian mempunyai gaya hidup non-monogami. Di mana mereka bisa menjalani hubungan dengan orang lain di tengah hubungan prioritas.

Hubungan ini masih terdengar tabu di Indonesia. Tapi, ternyata sudah banyak yang menjalani hubungan ini. Kalau kamu penasaran dan ada keinginan untuk melakukan open relationship, sebaiknya kamu kenali dulu aturannya di bawah ini, ya.

1. Terbuka

Ilustrasi pasangan kekasih / pexels.com
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pexels)

Di dalam suatu hubungan saling terbuka satu sama lain adalah kunci dari kepercayaan. Meski sudah setuju untuk memiliki pasangan lain, kalian harus tetap memiliki aturan tersendiri. Ungkapkan semua yang ingin kamu katakan dan yang paling penting adalah jangan pernah melanggar aturan yang sudah dibuat.

Pada dasarnya, open relationship mengajarkan dua orang untuk saling terbuka, bukan menjadi saling merahasiakan apa yang terjadi.

2. Jangan pernah membandingkan pasangan

Hal paling penting dan membahayakan. Kenapa bisa begitu? Jika sedang terjadi konflik, kamu nggak boleh membandingkan pasanganmu dengan yang lain. Kalau kamu berani membandingkan pasangan, secara nggak langsung membuat hubungan semakin buruk.

Lebih baik jangan memulai open relationship atau mengakhiri hubungan kalau memang belum siap menjalaninya.

3. Prioritas

Ilustrasi pasangan kekasih
Ilustrasi pasangan kekasih. (Pexels)

Di dalam open relationship, memang nggak ada salahnya kalau kamu menghabiskan waktu bersama pasangan lain. Namun, kamu harus ingat kalau si dia adalah prioritas utamamu. Menjalin hubungan yang terbuka hanyalah sebuah perjanjian yang kalian buat.

Bukan berarti kamu meninggalkan si dia demi pasangan yang lain, itu adalah kesalahan yang besar. Jika si dia sedang membutuhkanmu, kamu harus mendahulukannya karena kalian masih terikat.

4. Buat ketentuan kapan open relationship berakhir

Last but not least, aturan tentang open relationship buat kamu yang masih penasaran. Kalian harus bisa menentukan kapan open relationship yang kalian jalin akan berakhir. Open relationship tak bisa kalian jalani selamanya.

Apalagi kalau kalian ingin lebih serius kejenjang selanjutnya. Memang kebanyakan orang akan memilih open relationship dalam jangka waktu yang lama dan biasanya akan berujung mengakhiri hubungan ini. Well, ini semua memang tentang pilihan.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI