6 Cara Menghadapi Orang yang Tak Punya Rasa Empati

Hal yang perlu dilakukan ketika ada orang tak punya rasa empati di sekitarmu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 04 Oktober 2018 icon 17:00 WIB
6 Cara Menghadapi Orang yang Tak Punya Rasa Empati

Ilustrasi empati. (Unsplash)

Rasa empati berbeda dengan simpati. Tidak hanya ikut merasakan bagaimana kesulitan atau perasaan yang dialami orang lain, tetapi juga sekaligus tergerak untuk memikirkan solusi dan membantunya.

Hanya saja, tidak semua orang memiliki atau bahkan sangguh menumbuhkan rasa empati dalam dirinya. Orang-orang seperti itu biasanya membuat lingkungan sekitar sering jengkel dan geregetan.

Daripada kehabisan tenaga, berikut tips mudah untuk menghadapi orang yang tak punya rasa empati.

1. Jangan diambil hati

Ingatkan diri kamu bahwa mereka adalah orang-orang yang memiliki masalah dalam menjalin ikatan emosi dengan orang lain pada tingkat yang lebih dalam. Jadi ketika mereka tidak mengerti perasaanmu, lebih baik jangan dimasukkan hati karena bisa membuatmu menimbun amarah!

Talking/pexels.com
Talking. (Pexels)

2. Jangan mencoba untuk membuat mereka memahami perasaanmu

Mencoba menanamkan empati atau wawasan ke dalam pikirannya adalah buang-buang waktu dan energi. Ini hanya akan meningkatkan kemarahan dan pemikiran negatif mereka.

3. Bicara soal fakta

Daripada berbicara soal bagaimana perasaanmu tentang apa yang mereka perbuat, lebih baik bicarakan fakta dan apa yang kamu pikirkan. Lebih mudah untuk berkomunikasi dengan cara ini karena mereka tidak akan merasa disalahkan atau dipermalukan.

4. Berusaha menjauh

Kamu tidak perlu sampai mengakhiri pertemanan dengan orang yang tak punya empati, cukup tetapkan batasan dan perhatikan interaksi dengan mereka.

Pertahankan koneksi dangkal untuk menghindari pertengkaran. Ingat, jangan berharap kedalaman soal rasa pengertian.

Ilustrasi empati. (Unsplash)
Ilustrasi empati. (Unsplash)

5. Habiskan waktu dengan orang yang kamu percaya

Tanamkan atau latih hubungan dengan orang-orang yang kamu percayai. Dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang yang kamu percayai dan membuatmu merasa aman, pasti lebih terasa nyaman untuk berbagi pandangan dan perasaan. Intinya, kelilingi dirimu dengan orang-orang yang penuh kasih dan energi positif lain.

6. Hiraukan pendapat mereka

Karena sulit memahami perasaan orang lain, jadi terkadang pendapat yang keluar dari mereka tidak bisa dijadikan acuan. Ketahuilah bahwa nilai dirimu tidak boleh didasarkan pada persetejuan atau penilaian orang semacam mereka.

Semoga tips mudah untuk menghadapi orang yang tak punya rasa empati dari DewiKu ini bisa membantu menyelesaikan permasalahanmu.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI