4 Tanda kalau Kamu dan Pacar Tidak Dapat Mengatasi Perbedaan

Sebab tidak dapat mengatasi perbedaan bisa menyebabkan hubungan kandas.

By: Tinwarotul Fatonah icon Senin, 15 Oktober 2018 icon 17:00 WIB
4 Tanda kalau Kamu dan Pacar Tidak Dapat Mengatasi Perbedaan

Ilustrasi pasangan bertengkar. (Pexels/Vera Arsic)

Katanya, perbedaan ada untuk saling dilengkapi. Tapi bagaimana jika kamu dan pacar tidak dapat mengatasi perbedaan yang ada di antara kalian?

Jika perbedaan itu masih dalam ranah kecil mungkin bisa diatasi, namun jika sudah berlangsung lama dan susah diubah akan beda cerita.

Salah satu studi tahun 2014 mengungkapkan bahwa pasangan dengan ciri kepribadian yang lebih mirip lebih puas dalam hubungan mereka daripada mereka yang lebih berbeda.

Baca Juga: Label No Animal Testing, Cruelty Free dan Vegan, Ini Bedanya

Dilansir dari Elite Daily, berikut tanda kalau kamu dan pacar tidak dapat mengatasi perbedaan yang ada.

1. Kalian terus bertengkar karena masalah yang sama, lagi dan lagi.

Jika kalian mengalami pertengkaran yang sama berulang kali, itu adalah pertanda bahwa tidak satupun dari kalian benar-benar berupaya untuk berkompromi.

Baca Juga: Perlu Tahu, 4 Jenis Wewangian dan Perbedaannya

''Tidak mampu melewati perbedaan benar-benar jatuh ke dalam dua kategori,'' kata psikolog klinis Joshua Klapow. ''Satu, tidak memiliki kemampuan untuk berubah, atau dua, memang tidak ingin berubah. Sementara hasilnya sama, jalan menuju kesimpulan ini bervariasi. Setiap argumen, perselisihan, atau konflik yang berulang adalah sinyal bahwa ada perbedaan yang tidak dikerjakan,'' lanjutnya.

brokenheart/patah hati/putus cintabertengkar/pexels.com
Ilustrasi bertengkar. (Pexels)

2. Kalian menghindari percakapan tentang perbedaan

Saat perbedaan argumen yang sama muncul berulangkali dan masih belum menemukan solusi, mungkin kamu dan pasangan akan mencoba menekan argumen itu agar tidak muncul ke permukaan. Memilih untuk tidak menyinggungnya.

Tapi sayangnya hal itu tidak memperbaiki keadaan, kamu dan pasangan hanya melarikan diri dari perbedaan.

Jika ada perbedaan yang mempengaruhi kebahagiaan dalam hubungan kalian dan menyerah untuk menyelesaikannya, itu bisa jadi tanda bahaya.

3. Merasa kesal

''Apakah kamu mulai merasa kesal terhadap pasangan karena perbedaan itu?'' Tanya Dr. Klapow. ''Apakah kamu marah kepada mereka karena masalahnya masih ada?'' Ini adalah pertanyaan yang harus ditanyakan pada diri sendiri.

Mungkin kamu merasa pacar tidak berusaha keras untuk mengatasi perbedaan, justru kamu yang melakukan lebih banyak kompromi. Atau mungkin kamu merasa mereka menghindari percakapan penting seputar perbedaan kalian.

Hal menyakitkan ini akan terakumulasi dan membuatmu semakin sulit untuk berempati dengan perspektif pasangan. Pada akhirnya, akan semakin susah bagi kalian untuk berdamai dengan perbedaan.

4. Kamu mulai malas memperjuangkan

Ketika kamu mulai merasa perbedaan tidak dapat lagi didamaikan, itu juga bisa jadi tanda bahaya.
Kamu mulai pasrah dengan pertengkaran karena perbedaan perspektif yang terjadi terus menerus. Kamu sudah mencoba memperbaikinya tapi upaya yang dilakukan dirasa sia-sia.

Baca Juga: Perbedaan Kulit Kering dan Kulit Dehidrasi yang Perlu Kamu Tahu

Itulah 4 tanda yang menunjukkan kamu dan pasangan tidak dapat mengatasi perbedaan yang ada. Semua hubungan membutuhkan kompromi. Jika kedua orang mampu berkomitmen untuk membuat sesuatu berubah, tentu ada harapan, tidak peduli betapa berbedanya kalian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI