Tak Bisa Sendirian, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pacar

Masa sih hari gini belum bisa mandiri sama sekali?

By: Tinwarotul Fatonah icon Jumat, 01 Maret 2019 icon 17:00 WIB
Tak Bisa Sendirian, Ini 5 Tanda Kamu Terlalu Bergantung pada Pacar

Pasangan kekasih. (Unsplash/Wesley Balten)

Menjadi seorang yang mandiri memang bagus, tapi kalau sampai memberi kesan tak butuh siapa pun memang tak baik. Sebaliknya juga, jika sampai tak bisa mandiri, itu akan memberikan dampak negatif pada hidupmu sendiri.

Memang sebagian besar pria memang menyukai wanita yang tak malu untuk menunjukkan kelemahan dan membuktikan bahwa dirinya juga membutuhkan bantuan.

Namun bukan berarti ini membuatmu sebagai wanita menjadi bergantung sepenuhnya dan merepotkan sepanjang waktu. Sayangnya beberapa wanita tak menyadari bahwa dirinya terlalu bergantung dan merepotkan pasangannya.

Di bawah ini adalah beberapa tanda kamu terlalu bergantung pada pacar. Cari tahu yuk apakah selama ini kamu termasuk salah satu wanita yang terlalu bergantung.

1. Tak punya pendirian sendiri

Pasangan jatuh cinta. (Unsplash/Jana Sabeth Schultz)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/Jana Sabeth Schultz)

Kamu cenderung punya pendirian sendiri. Sebab, apa pun yang dikatakan oleh pasanganmu, itulah yang menjadi panutanmu. Kamu akan selalu menganggap keputusan dan opini besar. Justru, membantu menjadi perempuan yang tak punya pendirian sendiri.

2. Menjadi orang lain

Banyak orang bilang cinta memang bisa mengubah seseorang menjadi berbeda dan nampaknya itu benar adanya. Namun bukan berarti kamu bisa menjadi orang lain demi pasanganmu.

Menjadi orang lain demi disukai dan dihargai. Dirimu jadi sosok yang diinginkan pasangan dan meninggalkan jati diri sendiri.

3. Tak bisa mengatasi emosi sendiri

Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)
Pasangan kekasih. (Unsplash/Pablo Heimplatz)

Apapun yang terjadi, kamu selalu menceritakan kepada pasanganmu. Ketika bercerita, kamu mengekspresikannya dengan sikap yang dramatis, seperti menolak menanggung beban itu sendirian.

Bahkan jika itu masalah yang tak begitu berat kamu selalu ingin diperhatikan dan ditenangkan oleh pasanganmu.

4. Cenderung tak punya kehidupan sendiri

Kapan pun dan di mana pun kamu selalu harus bersama pasangan. Dalam beberapa hal memang bisa di pandang baik. Namun terlalu terobsesi atau fokus pada pasangan dan kehidupannya justru akan membuatmu tak mempunyai kehidupan sendiri.

Pahamilah bahwa kamu dan pasanganmu tetap mempunyai dunia masing-masing walaupun kalian pacaran. Pasanganmu pasti membutuhkan waktu sendiri, kamu juga.

5. Merasa takut sendirian

Pasangan bertengkar. (Unsplash/RAYUL)
Ilustrasi pasangan. (Unsplash/RAYUL)

Salah satu tanda kamu terlalu bergantung pada pacar adalah merasa takut sendirian. Kamu selalu merasa takut sendirian jika ingin pergi ke mana saja. Ada rasa ingin selalu ditemani, diantar.

Selain itu kamu juga beranggapan bahwa pergi sendirian itu tak nyaman dan takut dianggap tak punya teman atau pasangan. Ketakutan yang tak beralasan karena ini menunjukkan dirimu tak punya kemandirian.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI