Relationship

Cuma Modal Foto, Begini lho Cara Mendeteksi Kekasih Selingkuh

Pria selingkuh punya fitur wajah yang khas.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Yasinta Rahmawati

Ketahuan selingkuh. (Shutterstock)
Ketahuan selingkuh. (Shutterstock)

Dewiku.com - Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah kekasih selingkuh atau tidak, mulai dari mengecek ponsel hingga emailnya. Namun cara itu tidaklah sehat untuk diri sendiri dan mengganggu privasi.

Nah, dilansir dari Mirror, sebenarnya cukup mudah untuk mendeteksi apakah sang kekasih selingkuh atau tidak. Sebuah studi baru telah menemukan bahwa pria yang selingkuh sebenarnya secara otomatis memberikan 'tanda' dari fitur wajah.

Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Royal Society Open Science. Mereka menemukan bahwa pria dan wanita sebenarnya bisa memprediksi ketika seorang pasangan tidak setia pada tingkat akurasi yang layak hanya dengan melihat foto.

Menariknya, fitur wajah wanita cukup sulit dibaca, sedangkan pria cenderung lebih mudah. Pria yang selingkuh akan lebih sering memiliki fitur ''sudut'' yang lebih maskulin. Ini termasuk rahang dan dagu yang lebih persegi dan alis yang menonjol.

Ketahuan selingkuh. (Shutterstock)
Ketahuan selingkuh. (Shutterstock)

Penelitian ini dilakukan oleh University of Western Australia dan para peneliti yang bekerja di sana mengatakan manusia mungkin telah mengembangkan kemampuan untuk menemukan cheater.

''Teori evolusi memprediksi bahwa [menguntungkan] bagi individu untuk mengembangkan strategi untuk mencegah perselingkuhan seksual,'' kata mereka.

Mereka sampai pada kesimpulan ini setelah meminta 1500 orang untuk melihat foto-foto 200 pria dan wanita yang ditanyai tentang kesetiaan mereka dan apakah mereka mengejar seseorang di luar hubungan mereka.

Ilustrasi pria selingkuh. (Shutterstock)
Ilustrasi pria selingkuh. (Shutterstock)

Baik pria maupun wanita bisa menilai kesetiaan untuk pria dengan tingkat akurasi yang secara signifikan lebih baik. Sebanyak 20 persen subjek bahkan mampu mendeteksi pria yang tidak dapat diandalkan.

Namun ketika menyangkut membaca wanita, terbukti cukup sulit karena fitur wajah wanita tidak bisa dibaca dengan cara yang sama.

Berita Terkait

Berita Terkini