Hanya Bikin Sakit Hati, Hindari 8 Jenis Hubungan Asmara Ini

Bukannya membikin bahagia, hubungan asmara seperti itu malah bisa jadi racun dalam kehidupanmu.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 07 Mei 2020 icon 09:00 WIB
Hanya Bikin Sakit Hati, Hindari 8 Jenis Hubungan Asmara Ini

Ilustrasi pasangan romantis. (Unsplash/Christiana Rivers)

Hubungan asmara diharapkan bisa menjadi salah satu alasan menikmati hidup dengan bahagia. Namun, tidak jarang kisah yang terjalin justru berujung sakit hati dan penyesalan.

Melansir Boldsky, ada setidaknya delapan jenis hubungan asmara yang sebaiknya dihindari saja. Hal itu karena orang yang menjalani justru rawan terluka.

1. Hubungan tanpa status

Baca Juga: Jadi Idaman, Model Cantik Ini Akui Dapat 50 Lamaran Pernikahan Setiap Pekan

Meski bersikap begitu baik dan mesra, dia tidak mengakui punya hubungan denganmu. Saat bertemu orang lain, kamu hanya diperkenalkan sebagai teman, sepupu, atau malah rekan kerjanya. Bisa jadi, itu karena dia tidak ingin berkomitmen denganmu.

Ilustrasi putus cinta, patah hati. (Shutterstock)
Ilustrasi patah hati. (Shutterstock)

2. Terlalu mengendalikan dan manipulatif

Wajar untuk bersikap peduli dan memastikan pasangan melakukan hal yang benar. Namun kalau dia sampai mengendalikan setiap gerakan dan keputusanmu, itu tidak benar.

Baca Juga: Jangan Salah! Cowok Baik-Baik Juga Bisa Selingkuh, Berikut Penyebabnya

Lebih baik keluar dari hubungan seperti itu. Kamu tak akan pernah punya kebebasan berpikir atau melakukan sesuatu karena dia selalu memanipulasimu untuk mengikuti kemauannya.

3. Hubungan yang dibangun atas dasar kebohongan

Kalau fondasi hubunganmu adalah kebohongan dan perselingkuhan terang-terangan, ini dapat menyebabkan masalah. Berbohong satu atau dua kali seringkali dianggap tak apa-apa. Padahal, semua tetap ada konsekuensinya.

Ketika akhirnya kamu menemukan dia berbohong, itu akan langsung mengarah pada kesalahpahaman dan patah hati. Jika dia terus berbohong, tidak ada gunanya hubungan asmara kalian dilanjutkan.

Ilustrasi pasangan konflik, bertengkar, saling meluapkan kemarahan. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan konflik. (Shutterstock)

4. Dia merendahkanmu

Pasangan yang baik memang perlu mengingatkanmu jika melakukan kesalahan atau punya kekurangan tertentu. Namun, jika dia terus menemukan kekuranganmu dan mengatakan kamu tidak mampu menjadi pasangan yang baik atau bahkan mengatai dirimu tidak waras, itu bisa menjadi hubungan yang beracun.

5. Hubungan Penuh Drama

Apakah kamu merasa dia selalu menciptakan drama yang tidak perlu, terutama ketika kamu bersama teman, kolega, keluarga, atau siapapun?

Dia senang membuat keributan di depan umum, seolah sengaja membuatmu terlihat sebagai pasangan yang buruk. Dia mungkin juga selalu bereaksi berlebihan terhadap hampir semua hal ketika kamu ada di sekitar orang lain. Kamu yakin akan bertahan terus dalam hubungan asmara seperti itu?

6. Pendapatmu selalu dianggap tidak penting

Dia sama sekali tak pernah mempertimbangkan pendapatmu dan selalu menganggapnya tidak berguna. Itu jelas hubungan tidak sehat.

Jika dia tidak bisa menghargai pikiran, pendapat, dan perspektifmu, lebih baik menjauh dari hubungan asmara seperti itu.

Ilustrasi pasangan. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi pasangan. (Sumber: Shutterstock)

7. Hubungan rahasia

Mungkin mulanya kamu sendiri tidak ingin mengungkapkan hubungan kalian. Namun, terus menyembunyikannya bahkan setelah sekian lama bersama, itu bukan hal yang baik.

Dia mungkin memintamu tidak tampil di depan umum atau tak akan mau mengenalkanmu kepada orang-orang terdekatnya. Apakah itu membuatmu bahagia?

8. Dia tak bisa melupakan sang mantan

Dalam kondisi dan situasi apapun, dia bisa saja mendadak ingat mantan. Apapun yang kamu lakukan, dia seolah tak pernah bosan menyebut mantannya, mungkin juga membandingkan dirimu dengan orang di masa lalunya itu.

Baca Juga: Nggak Mau Ribet, 3 Zodiak Ini Tega Banget Bilang Putus via Zoom

Dia seakan terjebak dalam hubungan masa lalunya dan tak ingin keluar dari sana. Berada dalam hubungan asmara seperti itu bisa membuatmu sedih. Kamu bakal sering sakit hati karena pasanganmu masih memikirkan mantannya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI