Menganggu Penampilan, Ini Cara Seimbangkan Kulit Berminyak

Perubahan gaya hidup yang sehat juga akan berpengaruh dalam produksi minyak pada kulit.

By: Vika Widiastuti icon Kamis, 04 April 2019 icon 09:30 WIB
Menganggu Penampilan, Ini Cara Seimbangkan Kulit Berminyak

Ilustrasi wajah berminyak. (Shutterstock)

Memang setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda. Salah satunya adalah kulit berminyak. Sering sekali menganggu penampilan, berikut ada cara seimbangkan kulit berminyak.

Setiap jenis kulit pasti mempunyai masalah sendiri-sendiri. Jika kulit kering biasanya butuh hidrasi terus-menerus, tapi kulit berminyak butuh treatment khusus untuk mengatasinya.

Biasanya bagi orang yang memiliki kulit berminyak, ternyata ada dua indikasi yang menyebabkan produksi minyak di wajah berlebih.

Selain kulit berminyak memang sangat alami, ada pula yang diakibatkan oleh kulit yang dehidrasi sehingga secara alami tubuh memproduksi minyak secara berlebih.

Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)
Perawatan wajah menggunakan pelembab. (Shutterstock)

Nah, mulai sekarang mungkin hal yang perlu kamu pahami adalah melatih kulit agar produksi minyak tetap seimbang. Kira-kira bagaimana caranya ya?

Pertama, kamu harus mengetahui perbedaan antara memiliki kulit berminyak dan juga kulit yang terhidrasi secara optimal.

Ketika kulit dehidrasi, maka akan kekurangan kelembapan sehingga mengalami kekeringan. Namun ketika kulit kering, tandanya kulit membutuhkan minyak yang akan melembapkan secara optimal.

Jika kulit mengalami dehidrasi, itu tandanya kamu memerlukan serum khusus. Disarankan untuk memakai serum hyaluronic acid sebagai solusi permasalahan kulit ini.

Ilustrasi wajah berkomedo. (Shutterstock)
Ilustrasi wajah. (Shutterstock)

Nah, tahukah kamu bahwa ternyata alkohol dapat membuat kulit dan tubuh jadi dehidrasi? Jadi sangat tidak disarankan untuk penggunaan alkohol pada kulit, termasuk mengonsumsinya yang bisa menyebabkan dehidrasi.

Kulit memproduksi minyak alami yang berfungsi untuk memberikan lapisan alami dalam memproteksi kulit.

Jadi, mulai sekarang harus lebih bijak dalam mengatasi permasalahan kulit ini. Pastikan kamu menjaga keseimbangan kulit sehingga minyak alami yang diproduksi tidak berlebih dan akan berfungsi sebagaimana semestinya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI