Beauty

DNA Ikan Salmon Baik untuk Kecantikan Kulit, Apa Buktinya?

Benarkah DNA ikan salmon berkhasiat untuk kesehatan kulit?

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi daging ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)
Ilustrasi daging ikan salmon. (Unsplash/Caroline Attwood)

Dewiku.com - DNA yang terdapat dalam sperma ikan salmon diyakini berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Namun, apa buktinya?

Melansir Huffington Post via Hellosehat, Dr. Rachel Nazarian dari Schweiger Dermatology Group di New York menyatakan memang ada sejumlah fakta ilmiah yang mendukung teori itu. 

Pertama adalah sebuah penelitian terbitan International Journal of Cosmetic Science di tahun 2010. Krim yang mengandung 3% DNA sperma salmon dilaporkan mengenyalkan dan melembapkan kulit wajah 90% pria partisipan paska 12 minggu pengolesan rutin.

Kulit pria-pria itu awalnya tampak sangat kasar dan kering. Tim peneliti lalu menemukan, DNA sperma salmon bekerja merangsang produksi asam hyaluronat (hyaluronic acid) pada sel jaringan ikat kulit.

Bukti kedua datang dari penelitian terbitan jurnal Archives of Craniofacial Surgery tahun 2018. Krim yang mengandung DNA dari sperma salmon disebut membantu mempercepat penyembuhan luka bakar di kulit tikus ketimbang ketika dioles cairan saline atau obat luka bakar lain.

Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)
Ilustrasi fillet ikan salmon. (Shutterstock)

Hasil penelitian itu menunjukkan krim DNA salmon membantu mempercepat penyembuhan luka dengan meningkatkan pembentukan pembuluh darah serta melancarkan aliran darah ke kulit. 

Terakhir menurut dr. Nazarian, produk skincare yang mengandung DNA sperma ikan salmon kerap dianjurkan untuk memulihkan kulit setelah perawatan laser ablatif tertentu. 

Walau begitu, ternyata masih dibutuhkan bukti-bukti dari penelitian yang lebih luas untuk memastikan manfaatnya. Penelitian yang ada sampai sekarang masih terbatas diuji pada kelompok kecil manusia, hewan percobaan, atau kultur sel kulit.

Dr. Samer Jaber, dokter kulit dari Washington Square Dermatology, menjadi salah satu pihak yang masih meragukan manfaat DNA salmon untuk mencegah penuaan kulit. Dia berargumen, penelitian yang ada cuma membuktikan manfaat DNA salmon untuk meningkatkan elastisitas kulit, bukan mencegah penuaan dini.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

Menurutnya, pada dasarnya, hal paling utama yang efektif mencegah penuaan dini tetaplah rajin mengoleskan tabir surya pada kulit.

Sementara itu, beberapa ahli berpendapat kebaikan ikan salmon untuk kecantikan kulit paling berpotensi datang dari kandungan asam omega 3 serta vitamin D. 

Kulit manusia sejatinya punya lapisan minyak alami di bagian paling atas untuk melindungi diri dari kekeringan. Nah, asupan asam lemak omega 3 diketahui mampu membantu kulit mempertahankan kelembaban dan tetap terhidrasi. Asam lemak omega-3 sendiri telah terbukti dapat mencegah kerusakan kolagen dan elastisitas kulit sehingga bisa membuat Anda terlihat awet muda.

Selain itu, dr. Melda Isaac, seorang dokter kulit di Washington DC, juga mengungkapkan bahwa vitamin D dari ikan salmon mempunyai efek fotoprotektif. Artinya, asupan vitamin D membantu melindungi kulit dari dampak negatif radiasi sinar UV. 

Berita Terkait

Berita Terkini