Penting Banget! Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Skincare

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih skincare andalan. Apa saja?

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Kamis, 04 November 2021 icon 09:00 WIB
Penting Banget! Ini Hal-Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Skincare

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/Sora Shimazaki)

Perkara skincare kini tak cuma jadi perhatian kaum Hawa. Para laki-laki pun banyak yang sudah mulai memperhatikannya.

Butuh waktu untuk memilih skincare yang tepat bagi jenis kulit. Salah satu hal yang dipertimbangkan adalah tren skincare.

Di Indonesia sendiri, ada beberapa tren skincare yang menjadi perhatian. Hal itu disampaikan dermatologis Dr. Arini Widodo, SpKK di acara peluncuran brand Face Republic di Indonesia, dalam virtual media gathering Face Republic, Rabu (3/11/2021) kemarin.

Baca Juga: Apa Itu Tranexamic Acid? Terkenal Bisa Bikin Kulit Lebih Glowing

Menurutnya, masyarakat Indonesia kini lebih memperhatikan ingredients atau bahan-bahan skincare. Banyak pula yang memilih skincare dengan pertimbangan isu perubahan iklim. Hal ini membuat skincare ramah lingkungan dan cruelty free jauh lebih diminati.

Tak heran, banyak yang mencari skincare natural dan organik. Produk skincare yang bisa melindungi skin barrier dan microbiome juga banyak diburu.

Ilustrasi kulit. (Elements Envanto)
Ilustrasi kulit. (Elements Envanto)

Selain dari segi bahan, jenis kulit juga perlu diperhatikan saat memilih skincare. Biasanya, jenis kulit sendiri dibagi berdasar keaktifan kelenjar minyak, yakni kulit kering, berminyak, normal, dan kombinasi.

Baca Juga: Ada Kandungan Daun Pegagan dalam Skincare Ini, Apa Manfaatnya?

Walau demikian, jenis kulit di Indonesia lebih sering dibagi dengan menggunakan warna yaitu kuning langsat hingga sawo matang. Oleh karenanya, seseorang perlu memperhatikan kondisi serta ekspektasi terhadap kulit dalam memilih skincare. Misalnya, ada yang lebih memilih skincare supaya kulit makin cerah atau skincare untuk mengatasi jerawat.

Sebagai tambahan, iklim di Indonesia juga perlu menjadi pertimbangan. Pasalnya, sinar matahari di Indonesia jauh lebih intens sehingga sunscreen menjadi sesuatu yang sangat penting.

Supaya skincare cocok dan aman bagi kulit, Dr. Arini Widodo, SpKK sendiri menyarankan untuk menggunakan skincare yang sudah lulus BPOM.

Biasanya, skincare dengan sertifikasi BPOM sudah pasti aman. Meski begitu, beberapa individu yang punya kulit sensitif atau alergi tetap harus lebih selektif.

Terakhir, perhatikan pula tanggal kedaluwarsa pada skincare. Sementara, alergi bisa dihindari dengan menggunakan skincare yang tak mengandung parfum atau wewangian.

Skincare Face Republic (instagram.com/facerepublic.id)
Skincare Face Republic (instagram.com/facerepublic.id)

Salah satu skincare yang bisa menjadi pilihan adalah brand asal Korea yaitu Face Republic. Meski berasal dari Korea Selatan, produk ini ternyata pertama diluncurkan di Filipina sehingga cocok untuk kulit Asia Tenggara. Brand ini juga sudah mendapat sertifikasi BPOM dan vegan friendly.

Beberapa rangkaian produk yang ditawarkan Face Republic adalah hydro line (khusus kulit kering dan sensitif), glow line (untuk kulit kusam karena sinar matahari), calming line (untuk kulit berminyak), dan blooming line (untuk mencegah penuaan).

Baca Juga: Produk Skincare Antiaging Semakin Diminati Konsumen Usia di Bawah 25 Tahun

Jenis produk yang disediakan pun sangat beragam, mulai dari cleanser, toner, serum, moisturizer, sunscreen, coverage, hingga face masks. (*Amertiya Saraswati)

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI