Bukan Kerutan, Ini Tanda Penuaan yang Paling Banyak Dikeluhkan Perempuan

Tanda penuaan apa saja yang paling sering dikeluhkan perempuan? Kondisi tersebut muncul akibat efek paparan sinar matahari.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 24 November 2021 icon 12:31 WIB
Bukan Kerutan, Ini Tanda Penuaan yang Paling Banyak Dikeluhkan Perempuan

Ilustrasi perempuan melakukan perawatan wajah di rumah. (Pexels/EKATERINA BOLOVTSOV)

Munculnya tanda penuaan wajah mungkin menjadi salah satu hal yang paling ditakutkan banyak perempuan. Walau hal tersebut sebenarnya terjadi secara alami seiring bertambahnya usia, tetap saja bikin khawatir karena dianggap memengaruhi penampilan.

Dokter spesialis kulit dan kelamin dr. Stanley Setiawan, Sp. KK., mengungkapkan ada beberapa tanda penuaan yang cukup sering dikeluhkan perempuan ketika melakukan perawatan ke klinik kecantikan.

"Keluhan aging yang banyak dikeluhkan, kalau dari gender, memang paling banyak wanita. Keluhannya seperti timbul flek di area wajah akibat pajanan sinar matahari dan proses aging. Kemudian timbulnya kerutan yang membuat orang kurang percaya diri," ungkap dokter Stanley dalam webinar Regenesis belum lama ini, dikutip dari Suara.com.

Baca Juga: 5 Tips Merawat Kulit Berminyak dan Sensitif, Skin Barrier Jadi Kunci

Selain itu, ada pula masalah kulit wajah yang mulai mengendur. Menurut dokter Stanley, berbagai keluhan tanda penuaan itu berakibat penampilan seseorang jadi tampak lelah, capek, dan kurang bahagia sehingga menyebabkan kurang rasa percaya diri.

Kerutan rawan muncul di sekitar mulut. (Unsplash/Brandi Redd)
Kerutan rawan muncul di sekitar mulut. (Unsplash/Brandi Redd)

"Padahal belum tentu itu yang dirasakan. Tapi ekspresi tanda penuaan bisa berikan impresi yang berbeda," tuturnya.

Ia menambahkan, tanda penuaan akan semakin agresif terjadi ketika seseorang sudah melewati usia 25 tahun. Kondisi itu normal terjadi karena produksi kolagen mulai berkurang.

Baca Juga: Mengenal Picolaser, Teknologi Canggih untuk Mengatasi Beragam Masalah Kulit

Dokter Stanley lalu menjelaskan, kolagen adalah jenis protein yang salah satu fungsinya mempertahankan kekencangan kulit. Seiring bertambahnya usia, produksi kolagen dalam tubuh akan berkurang 1-1,5 persen.

Baca Juga: Tak Perlu ke Salon, Begini Cara Menghilangkan Bulu Halus di Tubuh

"Kolagen yang menurun akan tercermin dari penampilan, terbentuknya kerutan, kemudian terjadinya lekukan, terjadinya kendur di area wajah, dan itu memberikan penampilan yang tampak menua pada seseorang," tandasnya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI