Ingin Kulit Sehat, Catat 3 Langkah Penting Memakai Skincare Berikut Ini

Rutinitas skincare agar kulit tetap sehat ternyata mudah dilakukan.

By: Amertiya Saraswati icon Kamis, 27 Januari 2022 icon 09:30 WIB
Ingin Kulit Sehat, Catat 3 Langkah Penting Memakai Skincare Berikut Ini

Ilustrasi kulit sehat. (DewiKu.com/Ema Rohimah)

Untuk mendapatkan kulit sehat, seseorang perlu rajin melakukan skincare atau perawatan kulit. Meski begitu, tidak sedikit yang kerap dibuat bingung dengan langkah-langkah skincare.

Kulit sehat sendiri memiliki beberapa ciri-ciri tertentu. Biasanya, kulit sehat memiliki warna merata, halus, kenyal, memiliki elastisitas baik, tidak ada jerawat, dan lembap.

Hal tersebut disampaikan oleh dermatolog dr. Fitria Agustina, SpKK FINSDV dalam acara perilisan skincare OMG Oh My Glow Peach Glowing Series yang digelar Rabu (26/1/2022) kemarin secara virtual.

Baca Juga: Review Y.O.U Skin Energy Facial Serum, Bisa Mix & Match sesuai Jenis Kulit

Pada acara tersebut, dr. Fitria Agustina SpKK FINSDV juga menyampaikan pentingnya melakukan holistic care atau perawatan kulit menyeluruh.

Sebelum merawat kulit, seseorang perlu tahu lebih dulu tiga faktor yang dapat mempengaruhi kondisi kulit seseorang.

Ketiga faktor tersebut adalah faktor biologis (memegang peranan 25 persen), faktor lingkungan (berperan 25 persen), dan gaya hidup (berperan 50 persen pada kondisi kulit).

Baca Juga: Comparison Y.O.U Skin Energy Serum vs Somethinc 5% Niacinamide Sabi Beet

Perilisan Skincare OMG Oh My Glow Peach Glowing Series yang digelar Rabu (26/1/2022) [dok. OMG]
Perilisan Skincare OMG Oh My Glow Peach Glowing Series yang digelar Rabu (26/1/2022) [dok. OMG]

Faktor biologis terdiri dari usia, jenis kelamin, dan genetik seseorang. Sementara, faktor lingkungan antara lain adalah tingkat paparan sinar matahari, iklim, hingga polusi.

Sementara, faktor gaya hidup terdiri dari beberapa hal seperti rutinitas skincare, kesehatan emosional, istirahat yang cukup, olahraga, nutrisi seimbang, dan cairan yang cukup.

Tidak heran, penting bagi seseorang untuk tahu cara yang benar melakukan skincare agar kesehatan kulit tetap terjaga.

"Pilih skincare yang sesuai jenis kulit, lalu harus membersihkan wajah dengan benar, tidak memakai makeup saat tidur, dan melakukan eksfoliasi seminggu sekali," ungkap dr. Fitria Agustina, SpKK FINSDV memberi contoh.

Pemilihan skincare yang tepat penting karena skincare harus dapat memberikan nutrisi bagi kulit, menjaga elastisitas dan kelembapan, mencegah kulit kusam, mencegah photoaging dan premature aging, serta mencegah penyakit kulit.

Perilisan Skincare OMG Oh My Glow Peach Glowing Series yang digelar Rabu (26/1/2022) [dok. OMG]
Perilisan Skincare OMG Oh My Glow Peach Glowing Series yang digelar Rabu (26/1/2022) [dok. OMG]

Untuk itu, dr. Fitria Agustina, SpKK FINSDV juga membagikan tips rutinitas skincare sehari-hari yang terdiri dari tiga langkah penting.

Ketiga langkah tersebut adalah mencuci wajah dengan pembersih yang lembut, memakai pelembap atau moisturizer, dan memakai tabir surya.

Selain itu, Anda juga bisa menambahkan produk lain seperti toner atau serum dan melakukan eksfoliasi sekali seminggu.

Salah satu rangkaian perawatan kulit yang bisa digunakan adalah seri Peach Glowing yang baru dikeluarkan OMG Oh My Glow.

OMG Oh My Glow Peach Glowing Series memiliki tiga rangkaian perawatan wajah yaitu Peach Glowing Face Wash untuk mencuci wajah, Peach Glowing Toner yang berfungsi menyegarkan dan memberi nutrisi ekstra, serta Peach Glowing Cream yang berfungsi sebagai pelembap sekaligus dilengkapi UVA/UVB filter dan oil control formula.

Baca Juga: Semakin Diminati, Perawatan Kulit di Kalangan Pria Menjadi Tren Masa Kini

Sebagai tambahan, rangkaian skincare dari OMG Oh My Glow ini mengandung ekstrak buah peach sebagai antioksidan dan serum Vitamin B3, C, dan E yang dapat mencerahkan serta melembapkan kulit.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI