Begini Cara SOVLO Dukung Peran Ilustrator Lokal dalam Pemulihan Ekonomi

SOVLO meluncurkan kampanye Bangga Ilustrator Lokal yang ditargetkan mampu merangkul setidaknya 500 ilustrator berbakat dari seluruh negeri.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Rabu, 10 November 2021 icon 11:00 WIB
Begini Cara SOVLO Dukung Peran Ilustrator Lokal dalam Pemulihan Ekonomi

Produk SOVLO. (Istimewa)

SOVLO meluncurkan kampanye "Bangga Ilustrator Lokal" sebagai tema marketingnya di kuartal terakhir 2021. Melalui kampanye ini, SOVLO berharap bisa berkolaborasi dengan setidaknya 500 ilustrator berbakat dari seluruh negeri.

Kampanye ini merupakan upaya SOVLO untuk mendukung kreativitas para ilustrator lokal, sambil sama-sama berkontribusi dalam pemulihan ekonomi yang dibutuhkan Indonesia saat ini. Para ilustrator diajak mengajukan karya-karya terbaiknya untuk direalisasikan menjadi produk fesyen terkini produksi SOVLO, kemudian dipasarkan ke masyarakat, serta memberi penghasilan bagi para ilustrator tersebut.

Berbicara di Jumpa Pers Virtual Peluncuran Kampanye "Bangga Ilustrator Lokal", Selasa (9/11/2021) kemarin, Lidya Valensia selaku CEO dan Founder SOVLO menjelaskan langkah kolaborasi dengan ilustrator ini sebenarnya sudah dilakukan SOVLO sejak Februari 2021 dan menunjukkan hasil menggembirakan. Oleh karena itu, SOVLO berusaha membawa strategi ini ke level selanjutnya.

Baca Juga: Tinggi Banget, High Heels Nyentrik Lady Gaga Disebut Mirip Egrang

"Setelah berkolaborasi dengan sejumlah ilustrator, kami menemukan kualitas karya ilustrator lokal ini sangat baik dan disukai konsumen. Sayangnya di situasi krisis, karya-karya mereka sering hanya berakhir di atas kertas atau disimpan di komputer, tanpa mampu menghasilkan pendapatan bagi mereka. Mereka pun terhambat menjadikan passion dan bakat mereka sebagai sumber penghidupan," tutur Lidya Valensia.

Produk SOVLO. (Istimewa)
Produk SOVLO. (Istimewa)

Pada acara yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno mengatakan, "Peluang ekonomi kreatif masih sangat terbuka di Indonesia. Terlebih, pemerintah juga telah menetapkan bahwa industri kreatif menjadi tulang punggung ekonomi negara. Para pelaku industri kreatif pun harus terus berkreasi dengan inovasi-inovasi baru agar produk mereka bisa bersaing."

"Selain inovatif, pelaku industri kreatif, termasuk dari kategori UMKM harus juga adaptif dengan situasi dan memiliki mental tangguh untuk tetap bisa bertahan. Jika itu semua bisa dimiliki pelaku industri kreatif, ekonomi kreatif akan bisa bertumbuh dan bersaing," imbuhnya.

Baca Juga: Ariel NOAH Pakai Sandal Jepit Ratusan Ribu, Warganet Usil Komentar Begini

Sandiaga Uno juga mengapresiasi kalangan pengusaha kreatif di subsektor fesyen yang berhasil mengubah situasi krisis menjadi peluang, bahkan sampai mampu menolong atau mendukung sebanyak-banyaknya bakat dan tenaga kerja untuk bertahan dan berjaya di tengah pandemi.

"Saya menyatakan apresiasi dan dukungan penuh terhadap rencana SOVLO merangkul sebanyak-banyaknya ilustrator untuk melahirkan karya-karya unik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan sehingga bernilai di pasar fesyen domestik bahkan jika perlu ekspor," ujar Sandiaga Uno.

Bagi SOVLO sendiri, kampanye "Bangga Ilustrator Lokal" menjadi langkah penting bagi upaya melebarkan sayap di era pemulihan ekonomi ini. Terlahir sejak Juni 2020 sebagai upaya survival Lotus Group di awal pandemi, SOVLO telah mencatat pertumbuhan menggembirakan lewat kiprahnya di online marketplace.

Melihat besarnya minat masyarakat terhadap produk-produk fesyen lokal, SOVLO mulai menggandeng ilustrator lokal sejak Februari 2021 untuk melahirkan karya-karya fesyen yang bisa dinikmati masyarakat lewat produk-produk seperti beraneka tas, pouch, masker wajah, card case, dan baru-baru ini mulai diaplikasikan juga di lini pakaian (clothing line). Ilustrasi produk-produk SOVLO selama ini identik dengan tema-tema positif dan pemberdayaan yang diharap bisa menguatkan masyarakat di masa pemulihan ekonomi ini.

Produk SOVLO. (Istimewa)
Produk SOVLO. (Istimewa)

Sebagian besar produk SOVLO dipasarkan dengan jaminan garansi seumur hidup. Ini bisa dilakukan SOVLO berkat dukungan penjahit-penjahit berbakat yang mampu menjaga kualitas material dan jahitan produk-produknya. Oleh karena itu, jika ilustrator memilih untuk berkolaborasi dengan SOVLO, karya-karya mereka akan hadir di produk-produk berkualitas yang bisa diapresiasi dan terus dimanfaatkan masyarakat. 

Popomangun, salah satu ilustrator fesyen yang siap berkolaborasi dengan SOVLO di kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini mengungkapkan, "Setiap seniman pasti ingin karyanya bisa diapresiasi khalayak lewat medium-medium yang berkualitas dan tentunya berharap juga ekspresi seninya ini bisa memberi pemasukan yang substansial, sehingga dia bisa terus berkarya."

"Kampanye Bangga Ilustrator Lokal ini adalah kesempatan untuk menyiapkan karya-karya terbaik dan direalisasikan melalui produk-produk berkualitas yang dimiliki SOVLO," lanjut Popomangun yang sudah beberapa kali berkolaborasi dengan brand-brand fesyen sebelumnya. 

Untuk kampanye Bangga Ilustrator Lokal yang digagas SOVLO ini sendiri, Popomangun telah menyiapkan sejumlah karya ilustrasinya dan bisa didapatkan masyarakat mulai 13 November 2021 di toko-toko online terkemuka Indonesia atau di toko luring SOVLO di Pos Bloc, Pasar Baru Jakarta.

Ilustrator-ilustrator dari seluruh tanah air yang berminat untuk berkolaborasi dengan SOVLO dapat mendaftar di https://tinyurl.com/ilustratorSOVLO atau mendapatkan informasi melalui akun instagram SOVLO di @sovlo.id. Selanjutnya, SOVLO akan melakukan kurasi dan akan dihubungi untuk proses selanjutnya jika lolos.

Baca Juga: Rahasia di Balik Kesuksesan Kosmetik Korea, Kamu Wajib Tahu

Setelah sepakat berkolaborasi, SOVLO akan memproduksi karya ilustrator lokal tersebut dan menjadwalkan distribusinya dengan skema bagi hasil. Artinya, keuntungan yang diraih ilustrator akan berbanding lurus dengan hasil penjualan karya mereka.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI