Ada Makna Filosofis, Intip Kebaya Puan Maharani saat Upacara di Istana Negara

Puan Maharani mengenakan kebaya abu-abu rancangan Didiet Maulana kala upacara di Istana. Tak disangka, busana ini punya makna mendalam.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 19 Agustus 2022 icon 08:24 WIB
Ada Makna Filosofis, Intip Kebaya Puan Maharani saat Upacara di Istana Negara

Puan Maharani (instagram/puanmaharaniri)

Deretan pejabat dan selebritis ternama tampil dengan busana terbaik kala melaksanakan upacara bendera hari kemerdekaan Republik Indonesia pada Rabu (17/8/2022) kemarin. Salah satunya adalah Puan Maharani.

Ketua DPR RI sekaligus politikus PDIP ini tampil mengesankan dengan kebaya rancangan Didiet Maulana. Busana ini terdiri dari kebaya brokat abu-abu, selendang merah, dan juga kain batik coklat.

Seperti karya lain dari desainer ini, kebaya Puan ternyata memiliki makna tersendiri. Didiet pun membagikan detailnya melalui akun Instagram didietmaulana.

Baca Juga: Gaya Cewek Kue ala Dian Sastro Kenakan Outfit Kebaya, Sepatunya Jadi Sorotan

Dalam unggahan tersebut, tampak terlihat Didiet dan Puan berfoto bersama. Puan mengenakan kebaya berkerah V warna abu-abu yang dipenuhi hiasan brokat.

Menurut Didiet, busana yang dikenakan Puan disebut kebaya 'Kartini' karena populer di jaman pejuang pendidikan dan kesetaraan wanita tersebut. Warna abu pun dipilih karena melambangkan keseimbangan antara hitam dan putih.

Untuk kain batik yang dikenakan, Didiet memilih Batik Tulis Gentongan yang dibuat di Tanjung Bumi, Bangkala, Jawa Timur. Tak sembarangan, batik ini terbilang istimewa karena pembuatannya memakan waktu hingga 1 tahun. Hal ini mengandung makna bahwa untuk mencapai sesuatu membutuhkan waktu dan proses.

Baca Juga: Yura Yunita Bagikan Huru-hara Kenakan Kostum Kebaya, Hasilnya Totalitas

Penampilan Puan hari itu dipercantik dengan selendang merah yang memberikan aksen tegas dan juga bros bunga anggrek. Seperti yang diketahui, anggrek merupakan salah satu bunga nasional Indonesia.

Gaya menawan Puan dalam balutan busana karya Didiet Maulana ini bukanlah kali pertama. Sebelumnya, ia berhasil mencuri perhatian warganet dengan kebaya kutu baru merah.

Busana tersebut juga punya makna filosofis tersendiri yang juga dibagikan melalui akun Instagram Didiet.

Warganet yang mengetahui penampilan politisi wanita ini pun menuai pujian dari warganet. Seorang warganet berkomentar, "Keren banget kombinasi kebaya dan kainnya."

Warganet lain memuji, "Warna kebayanya sangat memukau."

Baca Juga: Berujung Zonk, Curhat Wanita Terlanjur Beli Outer Kebaya Seharga Rp7 Ribu di Toko Online

"Masya Allah, cantik banget Mbak Puan. Penampilan terbaik!" puji warganet lain.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI