Relationship

4 Cara Mengatasi Perasaan Insecure terhadap Pasangan

Jangan sampai dia pergi karena lelah menghadapi kamu yang selalu insecure.

Rima Sekarani Imamun Nissa

Ilustrasi pasangan kekasih / Unsplash.com
Ilustrasi pasangan kekasih / Unsplash.com

Dewiku.com - Kamu selalu merasa takut ditinggalkan sehingga sering cemburu dan curiga dengan pasangan? Wah, sepertinya kamu termasuk orang yang insecure. Kamu selalu menganggap terlalu banyak hal yang bisa membahayakan hubunganmu dengan dia.

Perasaan insecure terhadap pasangan itu wajar. Namun jika berlebihan, hubunganmu dengan dia justru bakal jadi tidak sehat. Bukannya langgeng, bisa jadi malah putus. Kamu nggak mau itu terjadi kan?

Tenang, Girls. Setiap masalah pasti ada solusinya. Berikut adalah 4 cara mengatasi perasaan insecure terhadap pasangan.

1. Kenali penyebab hadirnya perasaan insecure

Ilustrasi perempuan / Unsplash.com
Ilustrasi perempuan / Unsplash.com

Coba tanyakan pada dirimu sendiri, apa yang membuatmu jadi merasa insecure? Kamu pernah jadi korban selingkuh? Ada hubungan dengan trauma masa lalu lainnya?

Kalau sudah menemukan jawabannya, ungkapkan masalah dan kecemasanmu itu. Jujur saja kepada pasangan lalu ajak dia mencari solusinya bersama.

2. Mengendalikan prasangka negatif

Ilustrasi perempuan galau / pexels.com
Ilustrasi perempuan galau / pexels.com

Perasaan insecure membuat kamu sering berpikir negatif tentang pasangan sehingga menjadi posesif dan cemas berlebihan. Kalau kamu selalu begini, lama-lama dia bisa pergi karena jengah sama sikapmu itu.

Cinta itu boleh, tapi jangan lupa berpikir rasional. Belajarlah untuk menghargai dan mempercayai pasanganmu dengan menumbuhkan prasangka positif.

3. Membangun rasa percaya diri

Ilustrasi perempuan / Unsplash.com
Ilustrasi perempuan / Unsplash.com

Perasaan insecure umumnya muncul karena adanya sifat rendah diri. Sebaiknya kamu belajar untuk lebih percaya diri. Semua orang pasti memiliki kelebihan, tidak terkecuali kamu.

Meskipun banyak perempuan cantik dan mempesona di sana, kamu tidak kalah oke kok. Lagipula bagi dia, kamu memiliki sesuatu yang istimewa di matanya dan itulah kenapa dia mencintai kamu.

4. Belajar untuk lebih mandiri

Ilustrasi foto cewek / Unsplash.com
Ilustrasi foto cewek / Unsplash.com

Selama ini mungkin kamu terlalu ketergantungan dengan pasangan. Jadi bawaannya susah kalau kalian lagi jauh-jauhan. Nah, sepertinya kamu perlu belajar untuk lebih mandiri. Maksudnya, banyak hal yang bisa tetap kamu lakukan sendiri kan? Nggak semuanya harus bareng pacar kan?

Kamu bisa memperbanyak ‘me time’, kumpul bareng sahabat, atau ikut kursus keterampilan tertentu. Harapannya, kamu jadi menyadari kalau dia pun memiliki kehidupannya sendiri.

Berita Terkait

Berita Terkini