Cari Jodoh via Hawaya, yuk! Berikut Keistimewaan Platform Ramah Muslim Ini

Hawaya berupaya menjadi platform pencarian jodoh yang nyaman bagi muslim di Indonesia untuk memulai hubungan penuh makna.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Jumat, 20 November 2020 icon 14:43 WIB
Cari Jodoh via Hawaya, yuk! Berikut Keistimewaan Platform Ramah Muslim Ini

Perempuan berhijab. (Unsplash/Katsiaryna Endruszkiewicz)

Ada banyak cara untuk cari jodoh di era digital ini. Salah satunya media yang bisa jadi alternatif adalah Hawaya, sebuah platform pencarian jodoh online khusus Muslim yang telah hadir di Indonesia.

Berdasarkan survei Hawaya di tahun 2020 yang melibatkan perempuan dan laki-laki Muslim Indonesia berusia antara 20-40 tahun, sebanyak 93% responden perempuan terbuka untuk menggunakan aplikasi perjodohan dalam mencari pasangan hidup. Selain itu, 87% responden mengatakan bahwa mereka berharap menemukan seseorang dengan agama yang sama dan sejalan dengan harapan orang tua.

Hawaya sendiri diluncurkan pada 2017 oleh seorang pengusaha Mesir bernama Sameh Saleh. Ide awalnya, dia ingin membantu saudara perempuannya melewati pengalaman yang menyenangkan, nyaman dan aman menuju pernikahan melalui platform tersebut.

Baca Juga: Biar Tetap Asyik, Tips Kencan Online saat Harus di Rumah Saja

Sejak saat itu, Hawaya semakin populer dan telah memfasilitasi ribuan pernikahan, tidak hanya di Mesir dan negara-negara Arab lainnya, tetapi juga di negara-negara Eropa, Amerika Utara, dan Asia Tenggara.

Aplikasi pencarian jodoh untuk muslim, Hawaya. (Istimewa/Hawaya Indonesia)
Aplikasi pencarian jodoh untuk muslim, Hawaya. (Istimewa/Hawaya Indonesia)

"Ketika kami memasuki pasar Indonesia, kami ingin mengajak dan menghubungkan setiap Muslim yang berstatus lajang di Indonesia yang ingin saling mengenal satu sama lain secara lebih mendalam hingga menuju ke hubungan yang serius," kata Sameh Saleh, CEO Hawaya, dalam rilis yang diterima Dewiku.com, belum lama ini.

"Hawaya menggunakan pendekatan ilmiah, aman, dan diterima secara budaya, dirancang untuk laki-laki dan perempuan Muslim dengan niat yang serius serta telah disesuaikan secara budaya dengan tradisi komunitas. Kami sangat senang komunitas Muslim Indonesia menyambut hangat pendekatan modern dalam perjodohan ini dan kami berharap dapat merayakan lebih banyak kisah sukses di Indonesia," ujarnya kemudian.

Baca Juga: Selebgram Cantik Ini Lagi Cari Jodoh, Simak Kriteria Pria Idamannya

Nama Hawaya terinspirasi dari kata "Hawa" yang berarti "cinta" dalam bahasa Arab. Hawaya juga berfokus pada privasi dan keamanan penggunanya. Saat pengguna mendaftarkan diri, Hawaya mengotentikasi semua pengguna baru menggunakan sistem 'verifikasi selfie' yang bekerja menggunakan infrastruktur teknologi yang telah dikembangkan untuk mencegah pembuatan profil palsu.

Aplikasi ini juga menawarkan opsi kepada pengguna perempuan untuk mengaburkan foto profil. Ada juga fungsi keamanan "Guardian" yang memungkinkan pengguna melibatkan orang yang dipercaya, seperti teman atau anggota keluarga, dalam berkomunikasi sambil mengenal calon pasangan.

Hawaya juga dilengkapi fitur untuk memfasilitasi percakapan yang lebih menyenangkan. Fitur unik lainnya adalah "Mode Eksklusif" yang bisa dipakai ketika pengguna telah memutuskan bahwa mereka ingin lebih eksklusif. Mode ini akan menonaktifkan percakapan lain yang sedang berlangsung untuk kedua pengguna.

Aplikasi pencarian jodoh untuk muslim, Hawaya. (Istimewa/Hawaya Indonesia)
Aplikasi pencarian jodoh untuk muslim, Hawaya. (Istimewa/Hawaya Indonesia)

Hawaya juga membentuk satu panel yang terdiri dari para ahli berpengalaman dalam isu membangun hubungan untuk lebih membantu mengatasi tantangan dalam mencari pasangan hidup. Panel ini akan terlibat secara mendalam dalam program khusus Sisters-in-Hearts.

"Kami memahami bahwa sebagian orang Indonesia mungkin masih menghadapi tekanan masyarakat untuk menjadikan pernikahan sebagai satu-satunya tujuan hidup. Namun, kami juga menyadari bahwa ada berbagai tantangan dalam menemukan cinta di dunia modern ini."

"Bertemu secara online hanyalah permulaan dalam kisah cinta Anda, dan tetap harus ada sesuatu yang dilakukan untuk memiliki hubungan yang lebih dalam. Bersama Hawaya, kami akan mendampingi mereka menciptakan pengalaman yang tulus untuk bertemu pasangan hidup dengan tetap menjunjung tradisi dan budaya yang mengakar di Indonesia," papar Sameh.

Baca Juga: Jodohnya Tak Bisa Jawab 15+6, Calon Pengantin Wanita Batalkan Pernikahan

Tertarik cari jodoh via Hawaya? Aplikasi ini sudah tersedia di AppStore untuk perangkat Apple dan Google Play Store untuk perangkat Android. Informasi lebih lanjut juga via diakses melalui www.hawaya.com atau Instagram @hawaya_app.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI