Beauty

Punya Jerawat di Punggung? Ini Sebabnya

Demi punggung yang mulus tanpa jerawat.

Tinwarotul Fatonah | Yasinta Rahmawati

Ilustrasi jerawat punggung. (Pixabay)
Ilustrasi jerawat punggung. (Pixabay)

Dewiku.com - Masalah jerawat tidak hanya menyerah kulit wajah, tapi juga kulit punggung. Meski letaknya tertutup, jerawat punggung tentu menimbulkan rasa tidak nyaman. Kalau tersentuh atau tertekan, kadang timbul rasa sakit juga.

Nah biar kamu terhindar dari jerawat di punggung, yuk ketahui penyebabnya di bawah ini.

1. Mandi kurang bersih

Rajin mandi merupakan syarat utama untuk mencegah timbulnya jerawat di punggung. Namun terkadang kita buru-buru sehingga masih ada bagian-bagian tubuh yang terlewat.

Apalagi kalau kita kurang bersih dalam membilas sisa sabun, hal ini dapat menyebabkan timbulnya jerawat di punggung.

Ilustrasi mandi / Pexels.com
Ilustrasi mandi. (Pexels)

2. Terkena kondisioner

Kondisioner yang kamu pakai untuk melembutkan rambut rupanya memiliki kandungan silikon yang dapat memicu timbulnya jerawat di kulit. Maka dari itu, usahakan untuk benar-benar membilas kondisioner dengan bersih. Tidak hanya dari rambut, tapi juga bagian punggungmu.

3. Pakaian

Munculnya jerawat di punggung dapat disebabkan juga oleh penggunaan pakaian yang tidak menyerap keringat. Hasilnya, keringat yang terjebak dalam kulit akan bercampur dengan bakteri dan sel-sel kulit mati, lalu menyumbat pori-pori dan menimbulkan iritasi. Tidak hanya itu, gesekan dari pakaian juga dapat menyebakan peradangan sehingga membuat kondisi jerawat lebih parah.

Baju putih. (Unsplash/Samuel Schwendener)
Baju putih. (Unsplash/Samuel Schwendener)

4. Pelembut dan pewangi pakaian

Beberapa orang mungkin akan menunjukkan gejala alergi ketika kulit terpapar bahan kimia yang terkandung dalam produk pelembut dan pewangi pakaian. Reaksi inilah yang dapat memicu timbulnya iritasi sehingga kulit lebih rentan terkena infeksi bakteri. Untuk memastikannya, mungkin kamu bisa mengganti produk atau mengurangi penggunaan deterjen dan pelembut pakaian selama beberapa waktu.

5. Handuk

Jarang mengganti handuk juga dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat. Sebab, handuk yang jarang dicuci menyimpan banyak kuman dan bakteri yang nantinya dapat berpindah saat kamu gunakan untuk mengeringkan tubuh lagi. Karena itulah jerawat punggung muncul.

Berita Terkait

Berita Terkini