Lifestyle

Jangan Stres Dulu, Ini Cara Hadapi Tekanan di Tempat Kerja

Tenang, coba cara ini dulu untuk solusi stresmu.

Tinwarotul Fatonah | Kintan Sekarwangi

Ilustrasi tempat kerja. (Unsplash/Bench Accounting)
Ilustrasi tempat kerja. (Unsplash/Bench Accounting)

Dewiku.com - Tekanan di setiap pekerjaan memang selalu ada. Rasa itu bisa datang silih berganti. Kondisi ini pastinya akan bikin kita gampang stres. Tenang, ada beberapa cara hadapi tekanan di tempat kerja.

Apalagi untuk yang sehari-hari bekerja di kantor dengan banyak tugas dan tanggung jawab. Memikirkan tekanan hingga membuat stres itu wajar, namun kamu ahrus bisa memghadapi tekanan di tempat kerja. Ini penting juga untuk kesehatan mental kamu.

Beberapa cara di bawah ini bisa dipraktekkan untuk terhindar dari tekanan di tempat kerja yang cukup berat. Selamat mencoba!

1. Fokus pada pekerjaan

Kamu bisa siapkan jurnal atau buku agenda khusus. Kemudian tulis pekerjaan apa saja yang memang harus diselesaikan sesuai dengan job desk. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengatur waktu dan menyelesaikan semua hal sesuai dengan prioritasnya. Selain itu, ini juga bisa sebagai usaha untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi kita.

Ilustrasi kerja. (Unsplash)
Ilustrasi kerja. (Unsplash)

2. Selesaikan masalah pribadi dengan rekan kerja

Sadar atau tidak, suasana kantor yang tidak nyaman dan jadi terlalu drama itu karena ada masalah pribadi yang belum selesai dengan rekan kerja satu kantor. Kita perlu menyelesaikan semua masalah pribadi yang mungkin ada sebagai jalan keluar.

Bicarakan dan selesaikan secara baik-baik agar tidak mempengaruhi produktivitas kerja di kantor.

3. Maksimalkan waktu istirahat

Ketika mendapatkan waktu istirahat makan siang, sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin. Itu juga bisa menjadi solusi kamu merefresh pikiran dan badan agar segar kembali.

Ketika pulang kerja, istirahatkan tubuh dan pikiran sebaik mungkin. Jika tak sanggup untuk lembur, jangan pernah memaksakan diri. Kenali batas dan kemampuan diri kamu. Jangan sampai kesehatan pikiran dan tubuh jadi korbannya.

Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Tim Gouw)
Ilustrasi kelelahan bekerja. (Unsplash/Tim Gouw)

4. Hindari multitasking

Salah satu cara hadapi tekanan di tempat kerja adalah hindari multitasking. Adakalanya mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan malah akan berdampak negatif. Cobalah untuk menyelesaikan sesuai dengan kemampuan.

Selesaikan satu pekerjaan dalam satu waktu. Jangan mengerjakan banyak hal bersamaan sekaligus, sebab itu akan membuatmu stres karena terlalu banyak beban.

Berita Terkait

Berita Terkini