Tidak Harus Mengoleskan Losion setelah Mandi kok, Ini Alasannya

Sabar, dibaca sampai tuntas dulu, ya.

By: Rima Sekarani Imamun Nissa icon Selasa, 18 Desember 2018 icon 16:00 WIB
Tidak Harus Mengoleskan Losion setelah Mandi kok, Ini Alasannya

Pelembap. (Pexels)

Banyak yang menyarankan untuk mengoleskan losion sesegera mungkin setelah mandi. Mungkin hal itu juga sudah menjadi kebiasaan banyak cewek selama ini. Tapi rupanya segera mengoleskan losion setelah mandi itu tidak harus, kok.

Dilansir dari InStyle, mengaplikasikan losion segera setelah mandi memang dianjurkan karena kulit masih lembap, tapi perlu diperhatikan produk pelembap apa yang digunakan.

Menurut American Academy of Dermatology (AAD), lebih dari 20.000 dokter kulit menyarankan penggunaan salep atau krim daripada lotion untuk mendapatkan manfaat pasca mandi yang paling melembabkan. Kalau kamu salah satu yang memiliki kulit kering, mengetahui perbedaan antara losion, salep, dan krim sangat penting.

Baca Juga: Ini Penyebab Kulit Kering di Sekitar Hidung

Ilustrasi body lotion. (Pixabay)
Ilustrasi body lotion. (Pixabay)

Dr. Kenneth Mark, seorang dokter kulit bersertifikat dan ahli bedah kanker kulit mengatakan jika salep mungkin kurang menarik karena berbahan dasar minyak dan meninggalkan kesan greasy di kulit.

Namun salep memiliki efek emolien terbesar, yakni zat yang membantu menenangkan kulit dan meningkatkan kadar air.

''Mereka juga dapat menciptakan penghalang antara kulit dan lingkungan untuk membantu menyegel kelembaban ke kulit,'' tambahnya.

Baca Juga: Skincare Hydrating dan Moisturizing, Bedanya Apa?

Sedangkan untuk krim, ia lebih menghidrasi ketimbang losion tapi tidak sebagus salep. Selain itu, krim memiliki manfaat lain untuk memberi kesejukan di kulit yang iritasi atau kering.

Di sisi lain, AAD dan National Eczema Society mengatakan lotion cenderung lebih mengiritasi dan kurang efektif daripada krim dan salep dalam hal melembabkan kulit kering.

Baca Juga: Mau Gunakan Belerang untuk Jerawat? Simak Penjelasan Lengkapnya

Dr. Mark menambahkan bahwa losion emulsinya lebih encer daripada krim dan salep. Losion mungkin lebih berguna ketika kita melembabkan area tubuh yang berbulu di mana tekstur losion lebih mudah dibaurkan saat menggosoknya.

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI